Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode International Roughness Index (IRI) dan Road Condition Index (RCI)

Wulandari, Annisa Septia (2025) Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode International Roughness Index (IRI) dan Road Condition Index (RCI). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting bagi manusia pada zaman sekarang. Berkembangnya perekonomian daerah mengakibatkan meningkatnya arus lalu lintas, dengan meningkatnya arus lalu lintas kondisi pada kualitas perkerasan jalan yang dibebani secara berlebihan akan mengalami penurunan. Kerusakan jalan dapat berdampak terhadap kenyamanan saat berkendara, keselamatan pengguna dan efisiensi transportasi. Setiap jalan harus dilakukan pemeliharaan atau perbaikan agar pengguna jalan tetap aman dan nyaman saat berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode IRI. Metode IRI digunakan untuk menilai kekasaran permukaan jalan biasanya diukur dengan menggunakan alat NAASRA. Alat lainnya yang digunakan untuk memperoleh nilai IRI yaitu aplikasi dari smartphone. Aplikasi Roadlab Pro merupakan aplikasi yang dapat mengukur kekasaran permukaan jalan. Aplikasi ini mengukur nilai IRI dari giroskop, akselerometer, dan GPS yang terdapat pada smartphone. Survei dilakukan pada ruas jalan Simpang Bypass Lubuk Begalung – Simpang Gadut sepanjang 4,2 km. Jalan ini merupakan jalan penghubung lintas Sumatera, tipe jalan 2 lajur 4 arah terbagi (4/2-T). Survei dilakukan 3 kali pada tiap lajur ruasnya. Dari hasil survei didapatkan nilai IRI untuk arah arah ke Solok sebesar 2,89 dan arah arah ke Padang sebesar 3,21. Untuk nilai IRI rata-rata pada ruas ini yaitu 3,04 dengan kategori di kondisi baik. Kondisi perkerasan jalan pada ruas ini 90% baik dan 10% sedang. Rekomendasi untuk penanganan pada ruas jalan Simpang Bypass Lubuk Begalung – Simpang Gadut yaitu pemeliharaan rutin. Hasil pengolahan data menggunakan metode RCI didapatkan rata-rata pada jalur arah ke Solok sebesar 7,65 dengan kondisi Sangat baik, umumnya rata. dan pada jalur arah ke Padang didapatkan sebesar 7,42 dengan kondisi Sangat baik, umumnya rata., untuk rata-rata keseluruhan pada ruas jalan Simpang Bypass Lubuk Begalung – Simpang Gadut ini yaitu sebesar 7,54 dengan kondisi Sangat baik, umumnya rata.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Titi Kurniati, M.T
Uncontrolled Keywords: IRI; RCI; Aplikasi; Roadlab pro; Perkerasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: S1 Teknik Sipil
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:14
Last Modified: 04 Nov 2025 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514246

Actions (login required)

View Item View Item