PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN BIAS PERILAKU TERHADAP PERENCANAAN PENSIUN DENGAN PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI: GENERASI MILENIAL DI KOTA PADANG)

Rizquha, Yaktiha (2025) PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN BIAS PERILAKU TERHADAP PERENCANAAN PENSIUN DENGAN PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI: GENERASI MILENIAL DI KOTA PADANG). S2 thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial literacy (literasi keuangan) dan bias perilaku (self-attribution dan representativeness) terhadap perencanaan pensiun generasi milenial di Kota Padang, dengan menggunakan personal financial management (manajemen keuangan pribadi) sebagai variabel mediasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif kausal-asosiatif dengan metode survei, penelitian ini menemukan bahwa literasi keuangan tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap perencanaan pensiun, sementara bias perilaku memiliki pengaruh yang kuat. Personal financial management terbukti berperan penting sebagai variabel mediasi yang meredam dampak negatif dari bias perilaku dan meningkatkan kesiapan pensiun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi generasi milenial, lembaga keuangan, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kesadaran dan praktik perencanaan pensiun. Kata Kunci: Perencanaan Pensiun, Financial Literacy, Bias Perilaku, Self-Attribution Bias, Representativeness Bias, Personal Financial Management, Generasi Milenial, Theory of Planned Behavior.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: S2 Manajemen Manajemen
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:11
Last Modified: 04 Nov 2025 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514162

Actions (login required)

View Item View Item