KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN DRAG RUDDERS PADA MANUVER PESAWAT UAV JENIS FLYING WING

Septia, Raka Ahmadi (2019) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN DRAG RUDDERS PADA MANUVER PESAWAT UAV JENIS FLYING WING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
cover+abstrak.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. dafpus.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan sebuah pesawat terbang tanpa awak yang dioperasikan tanpa adanya pilot di dalamnya dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Pada dasarnya pesawat UAV memiliki beberapa jenis, pesawat UAV untuk melakukan misi pemetaan dan pemantauan adalah pesawat UAV tipe fixed wing tepatnya yang jenis flying wing. Pesawat UAV jenis ini menggunakan 2 buah control surface yaitu pitch dan roll. Pesawat jenis ini akan melakukan sebuah manuver untuk melakukan belokan. Masalah yang sering dihadapi oleh pesawat UAV tipe ini adalah kesulitan untuk melakukan manuver tersebut, yang dapat mengakibatkan pesawat crash. Oleh sebab itu diperlukan control surface ke tiga yaitu gerakan yawing dimana pesawat dapat berbelok dalam keadaan stabil. Penambahan control surface ini dapat meminimalisir crash akibat human error maupun yang berasal dari kemampuan pesawat UAV tersebut. Pada pesawat tipe flying wing, untuk melakukan gerakan yawing perlu ditambahkan pengontrol baru yaitu menggunakan drag rudder. Drag rudder bekerja dengan cara memberi gaya hambat atau drag pada satu sisi sayap saja. Drag rudder bekerja dengan membuka bagian elevon ke atas dan ke bawah secara bersamaan pada satu sisi sayap. Bentuk airfoil semi symtrical menyebabkan perlunya dikaji sudut yang optimum, agar nilai drag pada bagian sayap yang dibuka memiliki nilai yang sama menggunakan software Ansys CFD. Berdasarkan hasil simulasi didapatkan nilai sudut yang optimum adalah 35° untuk elevon atas dan 30° untuk elevon bawah, dengan nilai parameter Servo_Max 2006 PWM dan Servo_Min 982 PWM. Hasil yang didapatkan pada pengujian terbang adalah pesawat UAV dapat melakukan gerakan yawing dengan baik menggunakan drag rudder. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan drag rudder bisa digunakan untuk melakukan gerakan yawing pada peswat UAV jenis flying wing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son
Uncontrolled Keywords: UAV, Flying Wing, Yawing, Drag Rudder.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 23 Oct 2019 16:01
Last Modified: 23 Oct 2019 16:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51407

Actions (login required)

View Item View Item