ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV AIDS (ODHA) DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

rihaliza, rihaliza (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV AIDS (ODHA) DI POLIKLINIK VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 (PENDAHULUAN) okk.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7)
BAB 7 (KESIMPULAN) okk.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA okk.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
FILE-5-THESIS okk.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Human immunodeficiency virus (HIV) infection/ Acquired immune deficiency syndrome (AIDS) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius yang dapat menimbulkan masalah yang cukup luas yakni meliputi masalah fisik, sosial dan emosional. Banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh ODHA ini akan mempengaruhi fisik dan psikologis ODHA itu sendiri sehingga akan berdampak terhadap kualitas hidup ODHA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi kualitas hidup orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Poliklinik Voluntary Counseling and Testing RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 100 ODHA yang melakukan kontrol di Poliklinik VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang. Instrumen penelitian menggunakan 5 kuesioner, yaitu WHOQOLHIV BREF, Simplified Self-Report Measure of Adherence, Berger HIV Stigma Scale, dukungan keluarga dan dukungan sosial. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat menggunakan uji chi square dan multivariat menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden memiliki kualitas hidup baik (79%). Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna dengan p<0,05 antara status pernikahan, kepatuhan minum obat, dukungan keluarga, dukungan sosial, stadium klinis, infeksi oportunistik, jumlah CD4 dan lama terapi dengan kualitas hidup ODHA. Hasil analisis multivariat menunjukkan variabel yang paling besar pengaruhnya adalah dukungan keluarga dengan nilai pvalue= 0,001 dan OR= 0,090. Hasil uji interaksi menunjukkan adanya interaksi antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat, status pernikahan, stadium klinis dan jumlah CD4 terhadap kualitas hidup. Dengan adanya dukungan dari keluarga menjadikan penderita HIV/AIDS memiliki semangat hidup yang tinggi, sehingga ODHA akan patuh dalam menjalankan pengobatannya dan akan berdampak terhadap kualitas hidupnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.Pd K Psi FINASIM
Uncontrolled Keywords: AIDS, HIV, Kualitas hidup ODHA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 24 Oct 2019 10:51
Last Modified: 24 Oct 2019 10:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51324

Actions (login required)

View Item View Item