Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kompetensi Guru : Studi Kasus SMP Islam Terpadu Adzkia Padang

Boy, Hadi Kurniawan (2025) Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kompetensi Guru : Studi Kasus SMP Islam Terpadu Adzkia Padang. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi Guru serta menganalisis pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kompetensi guru di SMP Islam Terpadu Adzkia Padang. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada pentingnya kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan, Dimana pelatihan dan motivasi menjadi dua faktor penting dan strategis yang dapat mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada seluruh guru di SMPIT Adzkia Padang yang berjumlah 34 orang dan dianalisis dengan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Version 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru. Hasil Uji Koefisien Korelasi menunjukkan faktor Pelatihan terbukti lebih dominan dibandingkan motivasi dalam mempengaruhi kompetensi guru dengan nilai 0,615 sedangkan motivasi 0,182. Hasil uji ini diperkuat dengan Uji Koefisien Determinasi dimana nilai R Square sebesar 0,394, sehingga disimpulkan kontribusi variabel independent terhadap variabel dependen sebesar 39.4 %. Temuan ini mengindikasikan pentingnya meningkatkan program pelatihan yang terstruktur serta peningkatan motivasi kerja melalui kebijakan yang mendukung kesejahteraan guru dan pengembangan profesionalismenya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah dan Yayasan dalam merancang program peningkatan kapasitas Guru dengan lebih efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Prof. Dr. Ir Rahmat Syahni M.Sc ; Prof.Dr Ir. Henmaidi, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Motivasi, dan Kompetensi Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2) > S2 Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:56
Last Modified: 04 Sep 2025 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511352

Actions (login required)

View Item View Item