Zakie Akhsanul, Matswa (2025) UPAYA PENYELESAIAN WANPRESTASI ASURANSI PERJALANAN UMRAH OLEH PT. RIZKIYA TOUR AND TRAVEL BUKITTINGGI KEPADA JAMAAH UMRAH. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (211kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Published Version Download (295kB) |
![]() |
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (125kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (266kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Perjanjian terdapat dalam Pasal 1313 Kitab Undang – Undang Hukum Perdata, yang menyatakan bahwa Perjanjian adalah perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang atau lebih. Dalam Pasal 45 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan dalam Pasal 11 Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah menjelaskan bahwa PPIU dan jamaah umroh melakukan perjanjian sesuai dengan format yang telah ditentukan direktorat jendral dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Namun dalam prakteknya PT. Rizkiya Tour and Travel dalam pelaksanaan perjanjian tersebut terjadi wanprestasi berupa melakukan apa yang diperjanjikan tapi terlambat. Keterlaambatan jadwal kedatangan jemaah dari Arab Saudi tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat ke Indonesia. Hal ini menimbulkan kerugian bagi jamaah dan PT. Rizkiya Tour and Travel. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah:1. Bagaimana bentuk wanprestasi asuransi oleh PT. Rizkiya Tour & Travel kepada jamaah umrah ? 2. Bagaimana pertanggung jawaban hukum yang diberikan oleh PT.Rizkiya Tour and Travel terhadap jamaah umrah yang mengalami wanprestasi asuransi ? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Bentuk wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian PT. Rizkiya Tour and Travel dengan Jemaah ibadah umrah adalah terlambatnya Jemaah pulang dan terpisah dari rombongan akibat lalainya dalam asuransi perjalanan ibadah umrah, pihak PT. Rizkiya Tour and Travel tidak melakukan apa yang disanggupi nya. 2. Pertanggung jawaban yang dilakukan PT. Rizkiya Tour and Travel adalah melakukan msyawarah/mufakat namun tidak menemukan titik penyelesaian dari pihak PT. Rizkiya Tour and Travel, sehingga Jemaah ibadah umrah beserta keluarga melakukan mediasi yang diawasi Kementrian Agama Bukittinggi. Dari hasil mediasi diperoleh bahwa pihak PT. Rizkiya Tour and Travel akan bertanggung jawab penuh atas kepulangan jemaahnya. Kata kunci: Wanprestasi, Asuransi, Jamaah Umrah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ulfanora, S.H., M.H Shafira Hijriya, S.H., M.H |
Uncontrolled Keywords: | Wanprestasi, Asuransi, Jamaah Umrah |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |