Strategi Pemasaran Serat Kelapa di Kabupaten Padang Pariaman untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Kasus Koperasi Kosapa PMG)

Harisnanda, Muhammad (2025) Strategi Pemasaran Serat Kelapa di Kabupaten Padang Pariaman untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Kasus Koperasi Kosapa PMG). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Kosapa PMG merupakan salah satu usaha yang masih aktif mengolah sabut kelapa menjadi serat kelapa di Kabupaten Padang Pariaman. Namun, usaha ini menghadapi penurunan volume penjualan ekspor sejak tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran serat kelapa di Koperasi Kosapa PMG. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Jenis sumber data yang diaplikasikan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang diterapkan meliputi analisis lingkungan internal dan eksternal menggunakan pendekatan matriks IE serta pemilihan strategi dengan metode QSPM. Hasil analisis menggambarkan bahwa matriks IFE memiliki total skor 2,743. Hal ini mengindikasikan bahwa Koperasi Kosapa PMG memiliki posisi internal yang kuat. Selanjutnya matriks EFE memiliki total skor 2,897. Hal ini mengindikasikan bahwa Koperasi Kosapa PMG mampu memberikan respon baik terhadap peluang dan ancaman yang datang. Berdasarkan hasil analisis melalui matriks IE didapatkan posisi Koperasi Kosapa berada di wilayah V dengan strategi hold & maintain. Hasil alternatif strategi prioritas matriks QSPM adalah membuat merek dan kemasan produk serat kelapa. Dengan implementasi strategi ini, Koperasi Kosapa PMG dapat meningkatkan jumlah pembeli dan sekaligus volume penjualan ekspornya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Rahmat Syahni Zakaria, M.S., M.Sc., Ph.D; Rian Hidayat, SP. MM
Uncontrolled Keywords: ekspor; matriks IE; QSPM; serat kelapa; strategi pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:46
Last Modified: 03 Sep 2025 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510565

Actions (login required)

View Item View Item