Lestari, Dita (2025) Strategi Pemasaran Usaha Keripik Sanjai di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
DITA LESTARI SKRIPSI ABSTRAK.pdf - Published Version Download (292kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
DITA LESTARI SKRIPSI BAB 1.pdf - Published Version Download (302kB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
DITA LESTARI SKRIPSI PENUTUP.pdf - Published Version Download (269kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DITA LESTARI SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (237kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
DITA LESTARI SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keripik Sanjai Amak Haji merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang industri makanan ringan. Dalam sebuah industri dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal untuk merumuskan strategi pemasaran pada usaha Keripik Sanjai Amak Haji. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Analisis data penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini memiliki kekuatan pada kualitas produk yang baik serta lokasi strategis. Kelemahannya yaitu produksi bulanan rendah, kurangnya diferensiasi dan minimnya pemanfaatan media digital. Peluangnya yaitu kerja sama dengan pemasok dan pelatihan digital marketing dari pemerintah. Ancamannya yaitu banyak produk sejenis. Nilai matriks IFE yang diperoleh yaitu 2,606 dan nilai matriks EFE yang diperoleh yaitu 2,952. Dari matriks SWOT didapatkan 8 strategi. Strategi pertama yaitu memanfaatkan standar mutu yang sudah dimiliki untuk mempertahankan dan memperluas pasar. Strategi kedua yaitu mengikuti pelatiham digital marketing. Strategi ketiga yaitu membuat inovasi produk dan redesain kemasan. Strategi keempat yaitu berpartisipasi pada event pameran dan bazar di Kota Bukittinggi. Strategi kelima yaitu menambah mitra pemasok bahan baku serta memperbaiki manajemen produksi. Strategi keenam yaitu mengoptimalkan penjualan luar kota melalui jasa titipan. Strategi ketujuh yaitu memaksimalkan sistem potongangan harga. Strategi kedelapan yaitu mengoptimalkan promosi periklanan menggunakan papan reklame. Hasil matriks QSPM menunjukkan nilai STAS tertinggi pada strategi pertama dengan nilai 6,771. Untuk itu, disarankan kepada usaha Keripik Sanjai Amak Haji untuk menerapkan strategi pertama yaitu memanfaatkan standar mutu yang sudah dimiliki untuk mempertahankan dan memperluas pasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Rian Hidayat, S.P.,M.M ; Vonny Indah Mutiara, S.P., MEM., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Bukittinggi; Sanjai; Strategi; Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 01:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 01:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |