ANALISIS STRATEGI INFLUENCER MARKETING TIKTOK @INSIHIHU DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS PADA SUKO KOPI KOTA PADANG

Alikha, Lavathihah (2025) ANALISIS STRATEGI INFLUENCER MARKETING TIKTOK @INSIHIHU DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS PADA SUKO KOPI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (152kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi influencer marketing yang dilakukan oleh akun TikTok @insihihu dalam membentuk brand awareness Suko Kopi Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan serta menganalisis bentuk brand awareness yang dibentuk melalui konten yang diunggah oleh influencer tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi influencer marketing yang diterapkan oleh @insihihu sejalan dengan unsur-unsur dalam bauran promosi dan dinilai efektif dalam menarik perhatian audiens. Gaya penyampaian yang dekat dengan keseharian, pemanfaatan format konten yang sesuai dengan karakteristik pengguna TikTok, serta interaksi aktif dengan pengikut menjadi faktor yang mendukung keberhasilan strategi tersebut. Brand awareness yang dapat dilihat dari meningkatnya pengenalan terhadap merek, munculnya minat untuk mencoba, hingga keputusan audiens untuk mengunjungi Suko Kopi Padang setelah melihat konten yang diunggah. Temuan ini memperlihatkan bahwa kerja sama dengan influencer yang memiliki kesesuaian gaya komunikasi dengan target audiens dapat menjadi strategi promosi yang memiliki relevansi, khususnya bagi bisnis lokal di era digital.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Revi Marta, S.Sos., M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:19
Last Modified: 03 Sep 2025 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510477

Actions (login required)

View Item View Item