Pengaruh Edukasi Stimulasi Psikososial Manjujai Dengan Video Animasi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Asuhan Stimulasi Psikososial Anak Usia 6–24 Bulan

Perdana, Shintia (2025) Pengaruh Edukasi Stimulasi Psikososial Manjujai Dengan Video Animasi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Asuhan Stimulasi Psikososial Anak Usia 6–24 Bulan. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi stimulasi psikososial manjujai dengan video animasi terhadap pengetahuan dan sikap dan praktek asuhan stimulasi psikososial anak usia 6-2 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini Quasi Eksperimen dengan rancangan pretest-postest design with control group, sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dan penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2025. Analisa data pada penelitian ini dilakukan sampai analisis multivariat dengan menggunakan uji General Linear Model (GLM). Hasil penelitian dengan uji T independen didapatkan nilai p <0,001, artinya terdapat perbedaan rerata skor pengetahuan, sikap, dan praktek asuhan stimulasi psikososial (selisih) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol, yang dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian edukasi stimulasi psikososial manjujai dengan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek asuhan stimulasi psikososial. Analisis multivariat dengan GLM menunjukan terdapat pengaruh intervensi (pemberian edukasi stimulasi psikososial manjujai dengan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek asuhan stimulasi psikososial dengan (p <0,001), setelah dikontrol oleh variabel usia anak, usia ibu, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, dan riwayat paparan edukasi stimulasi selain manjujai. Edukasi stimulasi psikososial melalui media video animasi terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik ibu dalam pemberian asuhan stimulasi psikososial kepada anak.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Prof. Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed; Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: edukasi; video animasi; stimulasi psikososial; manjujai; perubahan perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S2 Ilmu Gizi
Depositing User: S2 Ilmu Gizi
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:12
Last Modified: 03 Sep 2025 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510066

Actions (login required)

View Item View Item