Analisis Jejak Karbon Kendaraan Pribadi di Kota Padang dengan Metode Tier 1 IPCC 2006 (Studi Kasus : Motor dan Mobil)

Wahyudi, Heru Septria (2025) Analisis Jejak Karbon Kendaraan Pribadi di Kota Padang dengan Metode Tier 1 IPCC 2006 (Studi Kasus : Motor dan Mobil). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text_Heru Septria Wahyudi_2010942045)
Tugas Akhir Full Text_Heru Septria Wahyudi_2010942045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK) dari proses pembakaran bahan bakar fosil telah menjadikan sektor transportasi sebagai kontributor utama terhadap pemanasan global. Kendaraan pribadi, terutama sepeda motor dan mobil, menjadi penyumbang terbesar emisi di perkotaan karena jumlahnya yang terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk dan mobilitas masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jejak karbon dari kendaraan pribadi di Padang, dengan fokus pada emisi karbon dioksida (CO₂), metana (CH₄), dan dinitrogen oksida (N₂O). Penelitian ini juga menganalisis hubungan jejak karbon dengan jumlah kendaraan, serta jenis bahan bakar. Selain itu, dilakukan analisis potensi kapasitas penyerapan CO₂ oleh pohon dan perancangan skenario mitigasi berbasis vegetasi dan peralihan moda transportasi. Perhitungan dilakukan menggunakan metode Tier 1 sesuai pedoman IPCC Guidelines 2006 dengan memanfaatkan data aktivitas dan faktor emisi default dari IPCC serta Kementerian Lingkungan Hidup (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total jejak karbon tahunan dari kendaraan pribadi mencapai 912.621.258,58 kgCO₂e. Analisis korelasi memperlihatkan adanya hubungan positif antara jejak karbon dengan jumlah kendaraan dan jenis bahan bakar, di mana semakin banyak kendaraan dan semakin tinggi konsumsi bahan bakar, semakin tinggi pula jejak karbon yang dihasilkan. Penelitian ini juga mengevaluasi kapasitas penyerapan karbon oleh pohon eksisting di Kota Padang. Pohon yang tersedia hanya mampu menyerap sekitar 25.480.128,06 kgCO₂e per tahun, jumlah yang relatif kecil dibandingkan total emisi yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukan upaya mitigasi tambahan berupa skenario penanaman sekitar 501.266 pohon, dengan jenis yang dipilih antara lain trembesi, glodogan, dan mahoni. Selain berbasis vegetasi, strategi mitigasi lain yang direkomendasikan adalah mendorong peralihan ke kendaraan listrik dan memperluas penggunaan transportasi publik seperti bus Trans Padang dan angkutan kota.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Vera Surtia Bachtiar, Ph.D, IPU; Resti Ayu Lestari, M.T.
Uncontrolled Keywords: Jejak Karbon; Kendaraan Pribadi; Kota Padang; Mitigasi; Pohon
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:22
Last Modified: 02 Sep 2025 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509805

Actions (login required)

View Item View Item