Implementasi Integrated Marketing Communication dalam Mempromosikan Event Festival Durian Kabupaten Solok Selatan 2025

Desra, Anita Rafia (2025) Implementasi Integrated Marketing Communication dalam Mempromosikan Event Festival Durian Kabupaten Solok Selatan 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5 fix.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Full Text)
Draft Skripsi Anita Rafia Desra FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Festival Durian merupakan salah satu event pariwisata unggulan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Solok Selatan melalui promosi potensi lokal yang khas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penerapan Integrated Marketing Communication dalam mempromosikan event Festival Durian Kabupaten Solok Selatan 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma Post-positivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Model Integrated Marketing Communication oleh Kotler & Keller digunakan sebagai kerangka analisis dengan fokus kajian pada delapan elemen komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi IMC dalam Festival Durian 2025 diwujudkan melalui kolaborasi lintas sektor, khususnya antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Pemerintah Nagari Lubuk Gadang Utara. Sales promotion dilakukan melalui paket khusus dan doorprize, direct marketing melalui undangan langsung dan penyebaran flyer, serta digital marketing melalui media sosial dan kolaborasi antar-OPD. Kegiatan festival dirancang partisipatif sebagai bentuk event & experience, word of mouth tumbuh dari ajakan masyarakat secara langsung maupun lewat media sosial, personal selling dilakukan oleh panitia dengan mengajak masyarakat secara langsung, advertising melalui kerja sama dengan media dan baliho, serta public relations melalui press release, kerja sama media nasional, dan siaran radio.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Vitania Yulia, S.Sos, MA; Ilham Havifi, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Festival Durian; Integrated Marketing Communication; Promosi Wisata; Pariwisata Daerah; Solok Selatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:10
Last Modified: 03 Sep 2025 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509434

Actions (login required)

View Item View Item