Pengembangan Analisis Risiko Metode Failure Mode, Effects, and Criticality Analysis (FMECA) Pada Tahap Perencanaan Manajemen Lalu Lintas Jalan Perkotaan di Indonesia

Oktaviani, Oktaviani (2025) Pengembangan Analisis Risiko Metode Failure Mode, Effects, and Criticality Analysis (FMECA) Pada Tahap Perencanaan Manajemen Lalu Lintas Jalan Perkotaan di Indonesia. S3 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
OKTAVIANI_ Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Bab 1)
OKTAVIANI_ BAB 1.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Bab Akhir)
OKTAVIANI_ BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
OKTAVIANI_ Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Disertasi Full Text)
OKTAVIANI_ laporan disertasi fulltext Waterark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kegagalan implementasi manajemen lalu lintas menimbulkan kerugian pada semua pihak, baik pemerintah/instansi maupun pengguna jalan. Penerapan manajeman lalu lintas yang coba-coba, akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Beberapa penelitian analisis risiko lalu lintas yang pernah dilakukan, lebih banyak terfokus pada analisis kecelakaan dan keselamatan. Kebutuhan peningkatan efektivitas manajemen risiko dalam perencanaan manajemen lalu lintas perkotaan di Indonesia, saat ini masih menghadapi tantangan dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi kegagalan secara sistematis. Pengembangan metode analisis risiko diperlukan tidak hanya untuk mengidentifikasi mode kegagalan dan dampaknya, tetapi juga untuk mengukur tingkat kritikalitas risiko secara menyeluruh pada tahap perencanaan lalu lintas. Penelitian ini mengembangkan metode Failure Mode, Effects, and Criticality Analysis (FMECA) untuk tahap perencanaan manajemen lalu lintas perkotaan di Indonesia. Metode ini mengintegrasikan penilaian besar dampak negatif (severity), frekuensi kejadian (occurrence), dan deteksi kejadian (detection) untuk memperoleh Risk Prioryti Number (RPN) yang mencerminkan tingkat kritikalitas kegagalan yang memungkinkan terjadinya gangguan lalu lintas. Data yang digunakan adalah data primer dari responden penelitian (pengisian kuisioner) yang mewakili kriteria kota. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling, karena mencari sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan secara khusus oleh peneliti. Pengujian kevalidan data dilakukan dengan menggunakan metode Rescaled Adjusted Partial Sums (RAPS). Pengolahan data menggunakan metode FMECA dan diperoleh tingkat risikonya. Dari penelitian diperoleh metode yang berupa panduan untuk menganalisis risiko manajemen lalu lintas pada tahap perencanaan, sehingga dapat diminimalisir risiko yang terjadi saat penerapan. Perencana lalu lintas mendapatkan panduan praktis dan sistematis untuk menganalisis risiko sejak tahap awal perencanaan. Temuan ini juga memperkuat pengembangan sistem manajemen risiko di sektor transportasi dengan pendekatan kuantitatif yang lebih menyeluruh dan dapat diterapkan di lapangan.

Item Type: Thesis (S3)
Supervisors: Ir. Purnawan, M.T., Ph.D; Yossyafra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D; Ir. Bayu Martanto Adji, S.T., M.T., Ph.D
Uncontrolled Keywords: risiko; manajemen lalu lintas; metode FMECA; metode RAPS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S3 Teknik Sipil
Depositing User: s3 teknik sipil
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:50
Last Modified: 01 Sep 2025 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509377

Actions (login required)

View Item View Item