Zurli, Afifah Syahrani (2025) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DEPARTEMEN KOMERSIAL BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU DALAM MENARIK PENYEWA TENANT. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover & Abstrak)
Upload Skripsi Abstrak_Afifah Syahrani Zurli.pdf - Published Version Download (436kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Upload Skripsi Bab 1_Afifah Syahrani Zurli.pdf - Published Version Download (302kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version Download (257kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (255kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Upload Skripsi Full_Afifah Syahrani Zurli.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bandara dalam perkembangannya kini merambah menjadi pusat komersial dengan menawarkan berbagai layanan dan produk. Perkembangan yang terjadi dapat meningkatkan pengalaman penumpang serta menambah sumber pendapatan non-aeronautika. Kemitraan yang dilakukan oleh Bandara Internasional Minangkabau melalui departemen komersial dengan pemanfaatan lokasi strategis disertai tingginya jumlah lalu lintas penumpang dan pengunjung setiap harinya, menjadikan bandara sebagai lokasi yang ideal bagi pelaku bisnis untuk memasarakan produk atau jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh departemen komersial Bandara Internasional Minangkabau dalam menarik penyewa tenant, serta menganalisis faktor-faktor pendukung Bandara Internasional Minangkabau sebagai lokasi pengembangan bisnis. Komunikasi pemasaran menjadi elemen strategis dalam mendukung pertumbuhan sektor komersial bandara, terutama dalam upaya menarik mitra bisnis untuk memanfaatkan ruang usaha yang tersedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran dilakukan melalui beberapa strategi meliputi jejaring komunikasi antar komersial, pemanfaatan media sosial, penyelenggaraan UMKM Expo, distribusi market sounding, pelaksanaan negosiasi langsung, serta kegiatan lelang ruang usaha potensial. Faktor pendukung BIM sebagai lokasi pengembangan bisnis meliputi beberapa aspek yaitu traffic lalu lintas penumpang, segmentasi pasar yang sudah jelas, dan citra bandara itu sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Yuliandre Darwis, Ph.D; Revi Marta, M.I,Kom |
Uncontrolled Keywords: | Bandara Internasional Minangkabau; Departemen Komersial; Integrated Marketing Communication (IMC); Komunikasi Pemasaran; Tenant |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 10:08 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 10:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |