STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA “SEGARBOX” DI KOTA PADANG

Tunnisa, Fatihah (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA “SEGARBOX” DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
Text (Bab V Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta menganalisis strategi pengembangan usaha Segarbox, yang bergerak di bidang pemasaran produk pertanian dan bahan baku pangan, yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 42, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat. Beberapa masalah penting dibahas dalam studi ini yaitu jangkauan pasar yang sempit dan terbatas, harga bahan baku yang berfluktuasi, persaingan yang ketat dan keterbatasan modal. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta kuantitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen strategis untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha. Alat yang digunakan termasuk Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-External (IE), dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Berdasarkan perhitungan menggunakan alat-alat perumusan strategi menunjukkan bahwa usaha Segarbox memiliki nilai IFE sebesar 2,534 dan nilai EFE 3,011. Hasil tersebut menempatkan usaha Segarbox pada posisi tumbuh dan membangun berdasarkan matriks IE. Sehingga pilihan strategi alternatif yang muncul berupa: (1) Mengoptimalkan promosi produk terutama produk ready to cook secara konsisten melalui pemanfaatan media sosial (2) Mengembangkan kerja sama dengan swalayan dan platform e-commerce untuk meningkatkan jangkauan pasar (3) Menjaga loyalitas pelanggan dengan peningkatan kualitas layanan khususnya layanan antar jemput serta menjaga kualitas produk agar tetap segar (4) Meningkatkan legalitas usaha dan efisiensi operasional dengan sistem pencatatan keuangan yang lebih baik. Analisis Matriks QSPM memperoleh nilai total atraktif sebesar 5,265 pada alternatif strategi (3) Menjaga loyalitas pelanggan dengan peningkatan kualitas layanan khususnya layanan antar jemput serta menjaga kualitas produk agar tetap segar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Dr. Ir. Melinda Noer, M.Sc; Yulistriani, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: EFE; IFE; QSPM; Strategi Pengembangan; SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Aug 2025 01:37
Last Modified: 29 Aug 2025 01:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/507394

Actions (login required)

View Item View Item