Lathifa, Humaira (2025) RESILIENSI PEDAGANG PASCA PEMBANGUNAN GEDUNG BARU PASA ATEH, KOTA BUKITTINGGI. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (156kB) |
![]() |
Text (Full Skripsi Lathifa Humaira)
Lathifa Humaira Skripsi (3) (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh aktivitas perdagangan di Pasa Ateh yang mengalami perubahan drastis setelah peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 2017, dimana kebakaran tersebut menghanguskan sebagian besar bangunan pasar. Pasca pembangunan kembali gedung Pasa Ateh, kondisi perekomian pedagang tidak sepenuhnya pulih. Meskipun sarana fisik telah diperbarui, namun aktivitas jual beli melemah dikarenakan daya beli yang menurun. Tujuan penelitian ini dilakukan unuk mengetahui kondisi jual beli pedagang di Pasa Ateh dan mengidentifikasi bentuk resiliensi pedagang pasca pembangunan gedung baru pasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perekonomian Pasa Ateh mengalami perubahan, baik dari segi fisik maupun dalam praktik jual-beli masyarakat. Daya beli konsumen yang menurun secara signifikan jika dibandingkan dengan kondisi pasar sebelum terjadi kebakaran. Pedagang juga mengalami penurunan omset yang diakibatkan karena perubahan posisi kios, gedung yang terkesan tertutup, pasar yang kurang hidup, serta peralihan ke platform daring. Dalam menghadapi tantangan ini, pedagang mengandalkan resiliensi yang berasal dari berbagai aspek seperti ikatan antar sesama pedagang, kekerabatan, sistem tawar-menawar yang berlaku, serta branding toko dalam keberlangsungan usaha. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor kepribadian dan identitas diri yang dimiliki oleh pedagang. Kata Kunci: Resiliensi, Pedagang, Jual Beli
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Edi Indrizal, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi, Pedagang, Jual Beli |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Antropologi Sosial |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/504488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |