Novit, Ferdion (2025) Perilaku Pemilih Gen Z pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 di Media Sosial (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-1.pdf - Published Version Download (592kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (463kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-3.pdf - Published Version Download (583kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Perilaku Memilih Gen Z Pada Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 Di Media Sosial. Secara spesifik penelitian ini lebih melihat bagaimana pemilih dalam menentukan pilihannya terhadap salah satu calon kandidat presiden/wakil presiden pada tahun 2024. Penelitin ini memiliki tujuan khusus yaitu pertama, Mendeskripsikan pengetahuan Gen Z mengenai Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden di Media Sosial, kedua yaitu Mendeskripsikan Perilaku Memilih Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden menurut Gen Z di Media Sosial. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, penulis mengidentifikasi pokok pembahasan penelitian tersebut penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh James S.Coleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode ini diasumsikan dapat memberi gambaran pada realitas sosial bagaimana seorang pemilih dalam menentukan pilihan dan memberikan gambaran penjelasan mengenai perilaku pemilih calon presiden dan calon wakil presiden menurut Gen Z di Media Sosial. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik penyebaran kuesioner berjumlah 100 orang responden dan wawancara mendalam kepada 6 orang informan. Teknik dalam menentukan populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling, teknik ini memberi peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini melihat hasil persentase jawaban responden mengenai perilaku pemilih pada saat pilpres 2024. Dari penelitian didapatkan hasil yang mempengaruhi perilaku pemilih Gen Z pada pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di media sosial yaitu : Pertama pengetahuan Gen Z mengenai Latar belakang pendidikan dari calon kandidat presiden/wakil presiden. Kedua program utama, partai politik dan rekam jejak dari calon presiden/wakil presiden. Selanjutnya, penyebab perilaku pemilih di media sosial, pertama media sosial menjadi tempat untuk mencari informasi dan penentuan pilihan pada pilpres 2024, karakter dan kepribadian calon kandidat juga menjadi pertimbangan mereka dalam memilih calon kandidat, Adapun berita hoaks dan endorsmen dari tokoh terkenal di media sosial tidak begitu berpengaruh bagi penilaian mereka dalam menentukan pilihan, sedangkan kampanye di media sosial dan rekam jejak paslon lumayan berpengaruh terhadap penentuan pilihan di pilpres 2024.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Yulkardi, M.Si; Indah Sari Rahmaini, S.Sos. MA |
Uncontrolled Keywords: | Manfaat; Perilaku pemilih; Generasi Z; Media Sosial |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/503134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |