Pemanfaatan Recycling Aggregate Material dan Aspal Modifikasi Plastik Low Density Polyethylene untuk Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course

Haliza, Fariska Nur (2025) Pemanfaatan Recycling Aggregate Material dan Aspal Modifikasi Plastik Low Density Polyethylene untuk Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya bencana alam khususnya banjir bandang di Indonesia seperti yang terjadi di Nagari Andaleh, Kabupaten Tanah Datar, mengakibatkan kerusakan jalan yang memerlukan perbaikan dengan material perkerasan dalam jumlah besar. Hal ini menyebabkan menipisnya sumber daya agregat dan meningkatnya limbah konstruksi perkerasan, yang bertentangan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Selain itu, Indonesia sebagai negara dengan limbah plastik tidak terkelola terbanyak kedua di dunia dengan 3,22 juta ton limbah plastik, memerlukan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan penggunaan agregat hasil RAM (Recycling Aggregate Material) sebagai alternatif material perkerasan berdasarkan uji karakteristik agregat, menganalisis kelayakan plastik LDPE (Low Density Polyethylene) pada modifikasi aspal sebagai alternatif material perkerasan berdasarkan uji karakteristik aspal, dan menganalisis perbandingan karakteristik hasil pengujian Marshall pada campuran agregat RAM dan aspal modifikasi plastik LDPE dengan campuran tanpa modifikasi. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan eksperimental laboratorium dengan pengujian karakteristik agregat, aspal, dan Marshall test sesuai standar SNI yang berlaku. Material yang digunakan adalah agregat RAM 25% sebagai substitusi agregat baru dan aspal modifikasi dengan plastik LDPE 4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agregat RAM memenuhi semua spesifikasi karakteristik agregat dengan berat jenis agregat kasar 2,587, penyerapan 0,620%, berat jenis agregat halus 2,540 dengan penyerapan 1,010%, keausan agregat 36,01%, dan kelekatan terhadap aspal ≥95%. Aspal modifikasi plastik LDPE 4% juga memenuhi standar karakteristik aspal dengan penetrasi 57,80, daktilitas 63 cm, titik lembek 55°C, berat jenis 1,035, kehilangan berat 0,090%, titik nyala 346°C, dan titik bakar 376°C. Pengujian Marshall menunjukkan bahwa campuran dengan agregat RAM dan aspal modifikasi LDPE memberikan stabilitas maksimum 1516,83 kg dibandingkan 1197,91 kg pada campuran tanpa modifikasi, serta menghasilkan Marshall Quotient yang lebih tinggi yaitu 434,81 kg/mm dibandingkan 346,82 kg/mm. Meskipun terdapat keterbatasan dalam memenuhi spesifikasi VIM dan flow pada campuran modifikasi, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan agregat RAM 25% dan aspal modifikasi LDPE 4% layak sebagai alternatif material perkerasan yang ekonomis dan ramah lingkungan, mampu meningkatkan kualitas campuran aspal dengan stabilitas dan kekuatan yang lebih baik, sekaligus memberikan solusi terhadap permasalahan limbah konstruksi dan plastik.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng.), Ph.D.; Ir. Bayu Martanto Adji, S.T., M.T., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Daur Ulang, Polietilen, Stabilitas Marshall, Pemanfaatan, Limbah Konstruksi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:20
Last Modified: 14 Aug 2025 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502822

Actions (login required)

View Item View Item