Yuliana, Siska (2025) Strategi Kesantunan dalam Menyampaikan Keluhan dalam Anime Kono Oto Tomare! Season 1. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (458kB) |
![]() |
Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (490kB) |
![]() |
Text (BAB AKHIR Penutup)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (213kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (321kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir fulltext)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi kesantunan yang digunakan dalam menyampaikan keluhan berdasarkan jarak sosial, yaitu teman dekat dan teman biasa. Tindak tutur ekspresi mengeluh merupakan tuturan yang mengungkapkan ketidakpuasaan atau ketidaksenangan terhadap suatu situasi. Namun, keluhan seringkali berisi kritik yang penyampaiannya dapat menjadi ancaman terhadap wajah/face lawan tutur. Untuk itu, penggunaan strategi kesantunan yang tepat dapat membantu menyampaikan keluhan tanpa mengganggu hubungan, baik itu kepada teman biasa maupun teman dekat. Sumber data yang digunakan adalah anime Kono Oto Tomare! Season 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak dengan teknik dasar menggunakan teknik sadap dan teknik lanjutan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Tahap analisis data, digunakan metode padan pragmatis dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hubungan sosial /jarak sosial oleh Huang (2008), aspek situasi tutur SPEAKING oleh Hymes (1974), dan strategi kesantunan oleh Brown dan Levinson (1987). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan strategi kesantunan oleh para tokoh ketika menyampaikan keluhan kepada teman biasa dan teman dekat. Dalam menyampaikan keluhan kepada teman dekat, strategi kesantunan yang cenderung digunakan adalah bald on record, yaitu tuturan secara langsung, tanpa adanya mitigasi atau penghalusan kata-kata. Sedangkan, dalam menyampaikan keluhan kepada teman biasa, strategi kesantunan yang cenderung digunakan adalah kesantunan negatif, yaitu tuturan tidak langsung yang bersifat lebih berhati-hati, menggunakan penghalusan kata-kata, permintaan maaf atau dalam bentuk pertanyaan sopan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Radhia Elita, S.S., M.A; Rahtu Nila Sepni, M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Aspek situasi tutur;tindak tutur ekspresi mengeluh;strategi kesantunan;jarak sosial |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Jepang |
Depositing User: | s1 sastra jepang |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |