Dwi, Mutiara Harfina (2019) Sistem Kontrol Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa dengan Variable Frequency Drive (VFD) menggunakan MATLAB/Simulink. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
abstrak dan cover.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
bab V.pdf - Published Version Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendistribusian material di industri pada umumnya menggunakan belt conveyor yang digerakan dengan motor induksi 3 fasa. Motor induksi untuk proses ini dituntut mampu mentransportasikan beban dengan cara menggerakan belt conveyor dengan berbagai variasi beban sesuai dengan permintaan operator. Permintaan beban yang bervariatif akan mengakibatkan perubahan kecepatan motor. Perubahan kecepatan akibat beban mengakibatkan waktu yang dibutuhkan dalam pendistribusian akan berbeda dalam setiap perubahan permintaan beban. Oleh sebab itu teknik skalar kontrol dan vektor kontrol pada motor induksi diperlukan agar sistem ini mampu menyesuaikan kecepatan agar tetap konstan. Selama pengujian skalar kontrol diamati perbandingan perubahan frekuensi terhadap kecepatan dan torsi dengan memvariasikan frekuensi modulasi (fm), Sedangkan pada vektor kontrol digunakan teknik field oriented control (FOC). Pada pengujian sistem dengan MATLAB/Simulink didapatkan bahwa sistem skalar kontrol belum mampu mempertahankan kecepatan aktual pada nilai referensi ketika diberikan beban, namun selisih kedua nilai ini akan semakin kecil apabila nilai frekuensi modulasi (fm) semakin diperbesar. Sedangkan pada vektor kontrol yang menggunakan field oriented control (FOC) pada penerapannya mampu mempertahankan kecepatan pada nilai referensi meskipun diberikan perubahan beban yang drastis. Hal ini menunjukan bahwa sistem skalar kontrol belum mampu memberikan hasil yang optimal apabila dibandingkan dengan sistem vektor kontrol. Namun pada sistem skalar kontrol dapat tetap digunakan untuk sistem yang tidak memerlukan kecepatan yang harus dipertahankan konstan. Kata Kunci: Sistem Kontrol, Motor Induksi, Variable Frequency Drive, skalar kontrol dan Field Oriented Control dan MATLAB/Simulink.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Zaini, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Elektro |
Depositing User: | S1 Teknik Elektro |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 11:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50251 |
Actions (login required)
View Item |