Hubungan Motivasi Dan Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Hipertensi Dengan Komplikasi Yang Rawat Jalan Di RSUD dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2019

Yolanda, Firda Santi (2019) Hubungan Motivasi Dan Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Hipertensi Dengan Komplikasi Yang Rawat Jalan Di RSUD dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Kepatuhan diet sangat penting untuk dilakukan karena merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penatalaksanaan penyakit hipertensi dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan dukungan petugas kesehatan dengan kepatuhan diet pada pasien hipertensi dengan komplikasi yang rawat jalan di RSUD dr. Rasidin Kota Padang tahun 2019. Metode Penelitian ini bersifat analitik dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 59 orang. Data penelitian diambil melalui kuesioner dan food recall 24 jam. Analisis statistik dilakukan menggunakan chi-square. Hasil Hasil uji statistik diperoleh data bahwa sebanyak 54,2% responden tidak patuh terhadap diet hipertensi, 81,4% responden memiliki motivasi yang tinggi, dan 78% responden memperoleh dukungan yang baik dari petugas kesehatan. Diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi dengan kepatuhan diet pada pasien hipertensi dengan komplikasi yang rawat jalan nilai p-value 0,002 (<0,05). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan petugas kesehatan dengan kepatuhan diet pada pasien hipertensi dengan komplikasi yang rawat jalan nilai p-value 0,361 (>0,05). Kesimpulan Motivasi berhubungan dengan kepatuhan diet pada pasien hipertensi sedangkan dukungan petugas kesehatan tidak berhubungan dengan kepatuhan diet pada pasien hipertensi. Pasien diharapkan agar lebih patuh dalam menjalankan diet dan petugas kesehatan disarankan agar tetap mempertahankan pelayanan yang baik dan memberi motivasi kepada pasien dalam menjalankan diet. Daftar Pustaka : 72 (1978-2018) Kata Kunci : Kepatuhan Diet, Motivasi, Dukungan Petugas Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hafifatul Auliya Rahmy, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Oct 2019 12:12
Last Modified: 18 Oct 2019 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50170

Actions (login required)

View Item View Item