Hani, Huwaina Hasibah (2025) PERAN PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU ANAK DI PANTI ASUHAN (Studi Kasus: Panti Asuhan Al-Hidayah Kecamatan Kuranji Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (387kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (504kB) |
![]() |
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (360kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (330kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Hani Huwaina Hasibah)
SKRIPSI HANI HUWAINA HASIBAH- 2010822016 FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
HANI HUWAINA HASIBAH, 2010822016, Departemen Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2025. “Peran Pengasuh Dalam Pembentukan Perilaku Anak di Panti Asuhan, Studi Kasus: Panti Asuhan Al-Hidayah, Kecamatan Kalumbuk Kota Padang”, Pembimbing I Dr. Sri Setiawati, M.A dan Pembimbing II Dra. Ermayanti, M.Si. Masa kanak-kanak adalah masa krusial dalam pertumbuhan, karena pada masa ini dasar sikap dan perilaku anak mulai terbentuk. Anak akan dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal dan cara mereka dibesarkan. Keluarga merupakan pemeran utama dalam pembentukan karakter dan psikologis anak agar anak dapat hidup bermasyarakat. Namun, tidak semua anak beruntung, beberapa anak dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan mereka berpisah dengan keluarga. Untuk mendukung kesejahteraan anak-anak tersebut, pemerintah menyediakan panti asuhan untuk menggantikan peran orangtua dan keluarga yang tidak didapatkan oleh anak, sehingga anak mendapatkan pengasuhan dari pengasuh. Fenomena meningkatnya jumlah anak-anak yang tinggal di panti asuhan ini akibat dari faktor sosial-ekonomi seperti kemiskinan, kematian orangtua, perceraian dan penelantaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengasuh dalam membentuk perilaku anak di Panti Asuhan Al-Hidayah dan mendeskripsikan perilaku anak yang tinggal di panti asuhan terkait relasi sesama anak panti dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang fenomena tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, analisis data, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman latar belakang anak-anak di panti asuhan dengan trauma dan kehilangan menjadi pengalaman yang memengaruhi perkembangan psikologi dan sosial mereka. Adanya pengalaman ini, membuat pengasuh lebih ekstra untuk melakukan pendekatan berdasarkan kelompok umur, kepribadian dan pengalaman hidup masing-masing anak. Pengasuh memiliki multiperan dalam pembentukan perilaku anak, meliputi peran sebagai pendidik, pembimbing moral dan spiritual, penyedia kebutuhan dasar, motivator serta pengganti figur orangtua. Penelitian ini juga mengindentifikasi perilaku anak terkait dengan relasi terhadap lingkungan sekitarnya, hasilnya adalah anak memiliki hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar dan keberadaan anak-anak tersebut diterima oleh masyarakat. Kata Kunci : Peran, Pengasuh, Panti Asuhan, Perilaku, Anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Antropologi Sosial |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |