PENGARUH VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI GIZI TENTANG MINUMAN BERPEMANIS (SUGARSWEETENED BEVERAGES) TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA SMAN DI KECAMATAN PAUH

Aulia, Aorama (2025) PENGARUH VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI GIZI TENTANG MINUMAN BERPEMANIS (SUGARSWEETENED BEVERAGES) TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA SMAN DI KECAMATAN PAUH. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK_Aulia Aorama.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (PENDAHULUAN)_Aulia Aorama.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI (PENUTUP)_Aulia Aorama.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Aulia Aorama.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT_Aulia Aorama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat konsumsi yang tinggi pada minuman berpemanis berdampak buruk pada kesehatan sehingga pemberian edukasi gizi menjadi salah satu upaya preventif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh video animasi sebagai media edukasi gizi tentang minuman berpemanis terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja sekolah menengah atas di Kecamatan Pauh. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain two group pre-test post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Padang dan SMAN 15 Padang. Sampel pada penelitian terdiri dari kelompok intervensi dan kontrol dengan jumlah masing-masing minimal 30 siswa. Analisis data untuk uji perbedaan perlakukan dengan Paired T Test, uji perbedaan selisih antar kelompok dengan Independent T Test, dan uji efektivitas dengan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi sebelum dan setelah perlakuan (p-value = 0,0001). Terdapat perbedaan selisih skor pengetahuan dan sikap (p-value = 0,0001) antara kelompok intervensi dan kontrol. Terdapat perubahan pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi, dengan persentase n-gain pengetahuan sebesar 76% (efektif) dan 60% (cukup efektif) untuk sikap. Media video animasi tentang minuman berpemanis efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melibatkan sampel yang lebih besar untuk mengukur dampak intervensi edukasi dan mengukur hingga ke variebel tindakan. Kata Kunci : Edukasi Gizi, Pengetahuan, Sikap, Minuman Berpemanis, Video Animasi

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Deni Elnovriza, STP, M.Si Nadia Chalida Nur, SKM.,MPH
Uncontrolled Keywords: Edukasi Gizi, Pengetahuan, Sikap, Minuman Berpemanis, Video Animasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:11
Last Modified: 16 Jul 2025 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500361

Actions (login required)

View Item View Item