Efektivitas antara Storytelling dan Membaca Buku Cerita Terhadap Peningkatan Pengetahuan Oral Hygiene Siswa Kelas IV SD Agnes dan SD Manjushri Padang

Sutiyono, Adinda Frisillia Febriona (2025) Efektivitas antara Storytelling dan Membaca Buku Cerita Terhadap Peningkatan Pengetahuan Oral Hygiene Siswa Kelas IV SD Agnes dan SD Manjushri Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut masih menjadi isu penting di Indonesia, dengan lebih dari 57% penduduk usia ≥3 tahun mengalami keluhan terkait kesehatan gigi. Penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan dan kesadaran dalam menjaga oral hygiene sejak dini. Pengetahuan yang baik dapat membentuk perilaku menjaga oral hygiene, terutama pada anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan gigi dan mulut perlu menggunakan metode yang menarik dan sesuai perkembangan anak, seperti storytelling dan membaca mandiri buku cerita. Tujuan Penelitian: mengetahui perbedaan efektivitas kedua metode terhadap peningkatan pengetahuan oral hygiene siswa kelas IV SD Agnes dan SD Manjushri Padang. Metode Penelitian: menggunakan desain quasi-experimental dengan pendekatan two group pre-test post-test. Sampel terdiri dari 58 siswa, masing-masing kelompok berjumlah 29 responden. Kelompok pertama mendapatkan intervensi membaca mandiri selama enam hari, dan kelompok kedua mendapatkan storytelling pada hari ke-1, ke-3, dan ke-6. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian: kedua metode meningkatkan pengetahuan secara signifikan (p<0,05), namun storytelling memberikan peningkatan yang lebih tinggi. Kesimpulan: Metode storytelling lebih efektif dibandingkan membaca mandiri buku cerita dalam meningkatkan pengetahuan oral hygiene siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: drg.Susi, MKM; Dr.drg.Oryce Zahara, Sp.Ort.
Uncontrolled Keywords: storytelling, membaca mandiri, pengetahuan, oral hygiene
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:15
Last Modified: 01 Jul 2025 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500080

Actions (login required)

View Item View Item