Perjuangan Perempuan pada Konflik Agama di Maluku dalam Novel Maluku Kobaran Cintaku Karya Ratna Sarumpaet Tinjauan Kritik Sastra Feminis

Fitri, Haida (2019) Perjuangan Perempuan pada Konflik Agama di Maluku dalam Novel Maluku Kobaran Cintaku Karya Ratna Sarumpaet Tinjauan Kritik Sastra Feminis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap bentuk kekerasan yang dialami perempuan dalam Novel Maluku Kobaran Cintaku. Perempuan sering menjadi objek kekerasan oleh kaum laki-laki, seperti yang dialami oleh perempuan dalam Novel Maluku Kobaran Cintaku, akar dari kekerasan yang dialami perempuan adalah masalah agama dan aturan Pela Gandong. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk perjuangan perempuan saat terjadinya konflik, dan dampak konflik terhadap perempuan dalam Novel Maluku Kobaran Cintaku. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kritik Sastra Feminis dengan teori Sigmund Freud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Sedangkan teknik yang digunakan terdiri dari teknik pengumpulan data, klasifikasi data, menganalisis data, dan menyajikan data. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perempuan mengalami berbagai bentuk kekerasan seperti ditendang, ditembak, dicekik, ditampar, dan lain-lain. Kemudian, perempuan berjuangan melawan ketidakadilan yang mereka alami, seperti memberontak, balik menendang, dan lain-lain. Kata Kunci: Novel, Maluku Kobaran Cintaku, Perjuangan Perempuan, Kritik Sastra Feminis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Armini Arbain, M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 17 Oct 2019 15:31
Last Modified: 17 Oct 2019 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50004

Actions (login required)

View Item View Item