Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada Agroindustri Gula Aren di Kabupaten Tanah Datar

Resta, Janneri Yudha (2025) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada Agroindustri Gula Aren di Kabupaten Tanah Datar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bauran pemasaran merupakan strategi penting yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi, yang secara langsung memengaruhi keputusan konsumen dan daya saing usaha. Penerapan bauran pemasaran yang tepat diyakini mampu meningkatkan kinerja pemasaran, seperti volume penjualan, kepuasan pelanggan, dan perluasan pasar. Nagari Andaleh Baruh Bukit merupakan salah satu daerah penghasil gula aren terbesar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, terdapat 98 UMK pengolah gula aren, namun masih terkendala dalam pemasaran produk. Produk hanya dipasarkan ke pasar tradisional, lokal dan belum mengemas produk dengan logo usaha dan kemasaran yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi bauran pemasaran dan kinerja pemasaran pada agroindustri gula aren di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabuapten Tanah Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan eksplanatori. Sampel pada penelitian ini adalah 50 pengusaha agroindustri gula aren dengan metode nonprobability sampling. Analisis data menggunakan model SEM-PLS. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan variabel produk, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Saran pada penelitian diperlukan upaya penetapan harga yang lebih stabil dan transparan melalui peran koperasi atau kelompok tani, serta peningkatan kualitas dan pengemasan produk untuk mendukung strategi harga berbasis nilai tambah dan meningkatkan daya saing produk di pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Nofialdi, M.Si; Cindy Paloma, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran; gula aren; SEM-PLS; nagari andaleh baruh bukit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:10
Last Modified: 20 Jun 2025 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499599

Actions (login required)

View Item View Item