Peran Pemediasi Reputasi Perusahaan Pada Pengaruh Intellectual Capital Pada Kinerja Bisnis Perusahaan

Desri, Erniza (2025) Peran Pemediasi Reputasi Perusahaan Pada Pengaruh Intellectual Capital Pada Kinerja Bisnis Perusahaan. S2 thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris bahwa; (1) intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan; (2) intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan; (3) Reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan; (4) reputasi perusahaan memediasi pengaruh intellectual capital terhadap kinerja bisnis perusahaan. Metode – Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode pengamatan 2013-2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh 195 perusahaan dengan total observasi tahun perusahaan sebanyak 1.950. Variabel independen dalam penelitian ini adalah intellectual capital yang diukur dengan human capital, structural capital, capital employee dan relational capital. Sedangkan variabel dependen adalah kinerja perusahaan yang diproksikan dengan ROA dan ATO. Selanjutnya, variabel mediasi reputasi perusahaan diukur dengan kapitalisasi pasar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan Datastream. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan STATA versi 17. Temuan – Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa; (1) intellectual capital tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis perusahaan; (2) Intellectual capital tidak berpengaruh terhadap reputasi perusahaan; (3) Reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan; (4) Reputasi perusahaan tidak memediasi pengaruh intellectual capital terhadap kinerja bisnis perusahaan. Orisinalitas/nilai – Penelitian ini memberikan kontribusi untuk; (1) Menambah hasil kajian pustaka dengan memberikan bukti empiris tentang masalah pengaruh intellectual capital terhadap kinerja bisnis perusahaan yang dimediasi oleh reputasi perusahaan; (2) Penelitian terdahulu menggunakan variabel intellectual capital yang diukur dengan human capital, structural capital, dan capital employee. Namun, dalam penelitian ini menambahkan relational capital untuk melihat intellectual capital. Elemen relational capital terkait dengan agen, pelanggan, pemasok, pesaing, mitra, klien, pemegang saham, asosiasi industri, komunitas, pemerintah, dan jaringan. Kontribusi - Penelitian ini memiliki keterbatasan seperti; (1) Penelitian ini terfokus pada satu negara dan mungkin dipengaruhi oleh pilihan salah satu ukuran reputasi perusahaan; (2) Penelitian ini mengukur variabel intellectual capital secara keseluruhan yaitu model MVAIC, sehingga tidak didapatkan elemen-elemen mana yang mungkin berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan Kata kunci : Intellectual Capital, Reputasi Perusahaan, kinerja bisnis perusahaan, negara berkembang

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:10
Last Modified: 19 Jun 2025 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498980

Actions (login required)

View Item View Item