Reza, Ananda (2025) PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (352kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (392kB) |
![]() |
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (239kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (358kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pelaksanaan pelayanan publik mencakup beberapa bidang termasuk urusan administrasi kependudukan. Dari pelaksanaan pelayanan urusan administrasi kependudukan dihasilkan dokumen kependudukan sebagai dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik hasil dari pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kota Padang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Dewasa ini Pemerintah Kota Padang membentuk Mal Pelayanan Publik Kota Padang sebagai pusat pelayanan publik di satu tempat sehingga masyarakat bisa melakukan berbagai pelayanan publik di sana termasuk pelayanan dokumen kependudukan. Namun dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan baik di Disdukcapil Kota Padang dan MPP Kota Padang terdapat permasalahan dan hambatan yang menyulitkan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini tentang (1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kota Padang? (2) Apa hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kota Padang?. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yaitu membandingkan norma-norma yang ada dengan fakta-fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen serta observasi yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Sifat penelitian adalah bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kota Padang dilakukan melalui 3 cara yang memiliki urusan pelayanan dokumen kependudukan dan prosedur yang berbeda satu sama lainnya. Terjadi ketidaksesuaian dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan yang seharusnya dilakukan secara terintegrasi, mudah dan cepat dilakukan oleh masyarakat, memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta kualitas pelayanan yang diberikan memuaskan sebagaimana yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, namun hal itu tidak terpenuhi. Masyarakat masih harus mendatangi 2 tempat dalam mengurus KTP el. Ketidaksesuaian ini disebabkan adanya hambatan dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan berupa pemindahan pelayanan perekaman data KTP el, pelayanan dari pegawai Disdukcapil Kota Padang yang kurang memuaskan, kurangnya jumlah pegawai Disdukcapil Kota Padang, layanan Sirancak yang bermasalah hingga ruang tunggu Disdukcapil Kota Padang yang kurang memadai. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Dokumen Kependudukan, Mal Pelayanan Publik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |