Said, Rafifah Nabila (2025) Hubungan Mindful Parenting dan Executive Function Pada Anak Prasekolah. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (331kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (46kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (311kB) |
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
The Golden Age, masa yang terjadi selama usia prasekolah merupakan periode muncul dan berkembangnya kemampuan executive function, yang pada gilirannya dapat memprediksi pembelajaran dan perilaku adaptif anak di sepanjang tahap kehidupannya. Dalam mewujudkan perkembangan anak yang optimal, penting bagi orang tua untuk mempraktikkan pengasuhan efektif dengan meningkatkan disiplin diri dan melibatkan kesadaran penuh selama berinteraksi dengan anak, pendekatan tersebut dikenal sebagai mindful parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara mindful parenting dan executive function pada anak prasekolah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasi Spearman, yang dilakukan dengan mengkorelasikan kedua dimensi variabel mindful parenting (mindful discipline dan being in the moment with the child) dengan variabel executive function. Responden dalam penelitian ini berjumlah 168 orang tua yang memiliki anak prasekolah usia 3 - 5 tahun 11 bulan di Kota Padang, yang telah terlibat dalam praktik pengasuhan bersama anak prasekolah dalam 6 bulan terakhir. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adopsi dari skala Behavior Rating Inventory of Executive Function - Preschool Version (BRIEF-P) dan Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua dimensi mindful parenting dan executive function pada anak prasekolah, yang dibuktikan dengan nilai rs1= .458, rs2= .448, dan p= .000 (p < .05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa jika keterampilan mindful parenting orang tua tinggi, maka kemampuan executive function anak prasekolah juga akan tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Diny Amenike, M.Psi., Psikolog; Amatul Firdausa Nasa, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Anak prasekolah; executive function; mindful parenting |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:23 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |