PERHITUNGAN UNIT COST PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI KLINIK SEHAT GAJAH MADA KOTA PADANG DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL

Annisa, Syifa Fauzia (2019) PERHITUNGAN UNIT COST PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI KLINIK SEHAT GAJAH MADA KOTA PADANG DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Ketetapan pemerintah mengenai tarif kapitasi pada pelayanan kesehatan gigi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), salah satunya adalah klinik pratama dianggap masih belum sesuai untuk dokter gigi. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi, oleh sebab itu dibutuhkan perhitungan ulang mengenai tarif kapitasi. Unit cost adalah salah satu indikator yang dibutuhkan dalam menghitung tarif kapitasi. Perhitungan unit cost dapat dilakukan dengan metode Activity Based Costing (ABC) yang saat ini dianggap sebagai metode yang paling akurat. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) dengan perhitungan matematika. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 7 pelayanan kesehatan gigi di Klinik Sehat Gajah Mada Kota Padang tahun 2018 dan unit cost untuk pelayanan masing-masing adalah konsultasi Rp.43.126, pencabutan gigi permanen Rp.82.859, pencabutan gigi sulung Rp.50.181, penambalan resin komposit Rp.108.095, penambalan GIC Rp.97.697, scalling Rp.71.850 dan premedikasi Rp.49.281. Kesimpulan : Unit cost untuk pelayanan kesehatan gigi di Klinik Sehat Gajah Mada Kota Padang yang paling besar adalah pelayanan penambalan resin komposit dan yang paling rendah adalah pelayanan konsultasi. Rata-rata unit cost pelayanan kesehatan gigi di Klinik Sehat Gajah Mada Kota Padang adalah Rp.71.870. Biaya yang terbesar di unit produksi adalah biaya biaya gaji pegawai. Kata Kunci : Activity Based Costing (ABC), Klinik Pratama, Unit Cost.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 14 Oct 2019 16:31
Last Modified: 14 Oct 2019 16:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49879

Actions (login required)

View Item View Item