HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DENGAN LOYALITAS IBU BERSALIN DI PUSKESMAS RAWAT INAP LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2017

Dewi, Anggraini (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DENGAN LOYALITAS IBU BERSALIN DI PUSKESMAS RAWAT INAP LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2017. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
THESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) dapat menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan persalinan di puskesmas. Puskesmas rawat inap Lubuk Buaya Padang termasuk penyumbang jumlah kematian ibu kematian ibu di kota Padang tahun 2016 yaitu sebanyak 3 orang ibu (15%) dari 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Asuhan Persalinan Normal (APN) dengan loyalitas ibu bersalin, dengan kepuasan pasien sebagai variable confounding, dan untuk menganalisis bagaimana kualitas pelayanan APN di Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain mixed method (dengan metode kuantitatif dan kualitatif). Hasil Penelitian Kuantitatif, pada analisis bivariat diketahui bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan asuhan persalinan normal (P=0,004) dan kepuasan ibu (P=0,001) dengan loyalitas ibu bersalin. Pada analisis multivariat diketahui kepuasan ibu yang lebih dominan dibandingkan kualitas pelayanan APN dalam mempengaruhi loyalitas ibu bersalin (P=0,001, OR=8,867). Hasil Penelitian Kualitatif, pada aspek input ditemukan bahwa pemerataan penempatan petugas di klinik bersalin puskesmas masih perlu diperhatikan, kemudian diberikan tambahan tenaga bidan untuk mengoptimalkan pelayanan di klinik puskesmas, dan untuk sopir ambulans, tidak selalu ada pada saat dibutuhkan. Pada aspek perencanaan, belum direalisasikan dalam bentuk dokumen. Pada pelaksanaan pelayanan, langkah-langkah APN tidak selalu semuanya dikerjakan. Kemudian untuk pengawasan, tidak ditemukan dokumentasi hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh pihak puskesmas kepada petugas di klinik bersalin. Pada aspek output, capaian ibu yang melakukan persalinan normal di puskesmas lebih rendah yaitu sebanyak 99 ibu (5.01%) dibandingkan jumlah ibu yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas yaitu K1=1976 ibu. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Asuhan Persalinan Normal, Kepuasan ibu, Loyalitas Daftar Pustaka : (1997 - 2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr Joserizal Serudji, SpOG(K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 15 Oct 2019 09:36
Last Modified: 15 Oct 2019 09:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49865

Actions (login required)

View Item View Item