Salsabila, Salsabila (2025) Hubungan Bauran Pemasaran dan Kepuasan dengan Loyalita Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ambacang Kota Padang Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (327kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (263kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian: Kunjungan pasien rawat jalan lama di Puskesmas Ambacang mengalami penurunan 29,5% dari tahun 2023 ke 2024. Hal ini menunjukkan adanya penurunan konsistensi pasien dalam memanfaatkan pelayanan di puskesmas. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan bauran pemasaran dan kepuasan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Puskesmas Ambacang.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan studi cross sectional dan dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2025 di Puskesmas Ambacang.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.242 orang dengan sampel sebanyak 102 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil: Penelitian ini menunjukkan 46,1% pasien memiliki loyalitas rendah dalam menggunakan pelayanan di Puskesmas Ambacang. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran produk (p=0,000), bauran pemasaran tempat (p=0,001), bauran pemasaran orang (p=0,000), bauran pemasaran proses (p=0,000) dan kepuasan (p=0,000) terhadap loyalitas pasien. Sedangkan bauran pemasaran promosi tidak memiliki hubungan yang signifikan (p=0,066) terhadap loyalitas pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara bauran pemasaran produk, tempat, orang, proses, dan kepuasan dengan loyalitas pasien di Puskesmas Ambacang. Disarankan agar Puskesmas Ambacang dapat meningkatkan kualitas produk, penataaan ruang, kinerja tenaga kesehatan, mmengembangkan fitur digital dan pengoptimalan fasilitas pelayanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Shelvy Haria Roza, SKM.,M.Kes.; Ch. Tuty Ernawaty,SKM.,M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | Loyalty; Outpatient; Marketing Mix; Satisfaction; Health Center |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 11:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 11:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |