Hubungan Dimensi kualitas Pelayanan Radiografi Panoramik terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

Salsabilla, Reni Stefani (2025) Hubungan Dimensi kualitas Pelayanan Radiografi Panoramik terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan radiografi panoramik merupakan bagian penting dalam penegakan diagnosis di bidang kedokteran gigi. Kualitas pelayanan yang diberikan dalam proses pemeriksaan radiografi ini dapat memengaruhi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan 6 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan keamanan, sering digunakan untuk mengevaluasi mutu layanan kesehatan. Di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas, belum diketahui sejauh mana kualitas pelayanan radiografi panoramik memengaruhi kepuasan pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan radiografi panoramik terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Metode: Jenis penelitian yaitu penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 68 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang disusun berdasarkan dimensi SERVQUAL dan telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data diuji dengan menggunakan chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara bukti fisik (p= 0,002), keandalan (p= <0,001), daya tanggap (p= <0,001), jaminan (p= <0,001), empati (p<0,001), dan keamanan (p<0,001) terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara keenam dimensi kualitas pelayanan radiografi panoramik terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: drg. Gunawan, Sp.R.K.G.Subs.R.D.P (K); drg. Nelvi Yohana, Sp. Ort
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien; dan Pelayanan Radiografi Panoramik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 18 Jun 2025 10:37
Last Modified: 18 Jun 2025 10:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498267

Actions (login required)

View Item View Item