Pengaruh Pemberian Madu Murni Kaliandra Terhadap Perubahan Derajat Dismenorhea Dan Kadar Prostaglandin Pada Remaja Putri Di Poltekes Kemenkes Padang Tahun 2019.

Titin, Dewi Sartika Silaban (2019) Pengaruh Pemberian Madu Murni Kaliandra Terhadap Perubahan Derajat Dismenorhea Dan Kadar Prostaglandin Pada Remaja Putri Di Poltekes Kemenkes Padang Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER_TESIS DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 FIX.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 FIX.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dafus fix.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada remaja putri terjadi perubahan yang fisiologis yaitu terjadinya menstruasi, namun seringkali menstruasi menimbulkan masalah, salah-satunya mengalami dismenorhea yang mengakibatkan terjadinya penurunan produktivitas pada wanita usia subur khususnya remaja. Penanganan dismenorhea dapat dilakukan dengan pemberian madu, Madu merupakan minuman herbal yang memiliki banyak kandungan seperti glukosa, fruktosa, flavanoid dan lain sebagainya yang baik bagi kesehatan tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian madu murni kaliandra terhadap perubahan derajat dismenorhea dan kadar prostaglandin pada remaja putri. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design one-group pretest-postest only, penelitian ini dilakukan di Poltekes Kemenkes Padang dan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada bulan Januari 2018-April 2019. Sampel dipilih secara simple random sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 36 mahasiswa yang mengalami dismenorhea. Derajat dismenorhea diukur dengan menggunakan Visual Analog Scale dan Kadar prostaglandin diperiksa dengan Ebioscience Human ELISA Kit. Hasil dari uji Wilcoxon signed rank test mengenai derajat dismenorhea didapatkan rata-rata kelompok sebelum diberi madu 5,50±1.94, kelompok setelah diberi madu 3,00±1.74. Rata-rata kadar prostaglandin pada kelompok sebelum diberi madu 119.829±113.84pg/ml, kelompok setelah diberi madu 105.059±113.38 pg/ml. Uji Wilcoxon signed rank test menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna pada pemberian madu murni kaliandra terhadap perubahan derajat dismenorhea dengan nilai p=0,000 (p<0,005) dan pengaruh pemberian madu murni kaliandra terhadap kadar prostaglandin dengan nilai p-=0,001 (p<0,005). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat penurunan derajat dismenorhea dan kadar prostaglandin setelah pemberian madu yaitu memberikan madu murni kaliandra pada remaja putri yang mengalami dismenorhea saat menstruasi. Kata Kunci : Dismenorhea, Madu, Prostaglandin

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Arni Amir, MS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 10 Oct 2019 14:50
Last Modified: 10 Oct 2019 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49826

Actions (login required)

View Item View Item