ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA UBI BAKAR CILEMBU (Studi kasus Agroindustri Ubi Bakar Madu Asli Cilembu Khas Bandung di Kota Padang)

Sihotang, Armadi (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA UBI BAKAR CILEMBU (Studi kasus Agroindustri Ubi Bakar Madu Asli Cilembu Khas Bandung di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agroindustri ubi bakar madu asli cilembu khas Bandung di Kota Padang mengalami fluktuasi penjualan, naik turunnya jumlah konsumen serta adanya keluhan konsumen terhadap beberapa aspek produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen ubi bakar cilembu dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk ubi bakar cilembu dari agroindustri ubi bakar madu asli cilembu khas Bandung di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan di agroindustri ubi bakar madu asli cilembu khas bandung di Kota Padang yang dilaksanakan dari tgl 23 Desember sampai 23 Januari 2025. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei terhadap 60 responden yang ditentukan secara accidental sampling dari dua cabang usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa karakteristik konsumen ubi bakar cilembu adalah perempuan dengan usia 19-24 tahun, memiliki jumlah anggota keluarga 4-5 orang, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa, pendidikan terakhir SMA dan memiliki pendapatan perbulan Rp. 500.000-Rp. 1.000.000. Berdasarkan analisis IPA, atribut yang dinilai sudah baik sesuai harapan konsumen yaitu cita rasa produk, tekstur produk, kesesuaian harga dengan manfaat, kesesuaian harga dengan kualitas produk. Sementara itu atribut yang perlu diperbaiki mencakup kemasan produk, daya tahan produk, keterjangkauan harga, lokasi penjualan, kebersihan dan kenyamanan tempat. Berdasarkan nilai CSI sebesar 78,82% menunjukkan bahwa konsumen berada dalam kategori puas terhadap ubi bakar cilembu. Oleh karena itu, pemilik usaha diharapkan memperbaiki atribut tersebut dengan meningkatkan kualitas kemasan dan label, memberikan petunjuk penyimpanan, menawarkan variasi harga, memperbesar papan nama, serta menata ulang area penjualan agar lebih nyaman.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Yuerlita, S.Si., M.Si., Ph.D; Dr. Rini Hakimi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Agroindustri, Ubi bakar cilembu, Kepuasan konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:07
Last Modified: 18 Jun 2025 02:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498051

Actions (login required)

View Item View Item