Optimasi Pengaturan Simpang Kasda Jalan Soekarno Hatta - Jalan Veteran Kota Payakumbuh

Wati, Zuly Nelriska (2025) Optimasi Pengaturan Simpang Kasda Jalan Soekarno Hatta - Jalan Veteran Kota Payakumbuh. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrac.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (847kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 17 June 2026.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Kasda di Jalan Soekarno Hatta – Jalan Veteran, Kota Payakumbuh, merupakan salah satu titik rawan kemacetan yang disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas serta pengaturan sinyal lalu lintas yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja eksisting simpang, melakukan simulasi pengaturan ulang menggunakan software PTV VISSIM, serta menentukan alternatif solusi terbaik dalam meningkatkan efisiensi lalu lintas di simpang tersebut. Metodologi yang digunakan melibatkan survei lapangan untuk memperoleh data geometrik simpang, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, siklus lampu lalu lintas, serta hambatan samping. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam pemodelan PTV VISSIM 2024 untuk dilakukan simulasi kondisi eksisting. Proses kalibrasi dan validasi model dilakukan dengan metode Geoffrey E. Havers (GEH) untuk memastikan akurasi antara hasil simulasi dan kondisi lapangan. Empat alternatif solusi optimasi pengaturan simpang diuji melalui simulasi dengan perubahan durasi lampu hijau, fase sinyal, dan rekayasa geometrik. Parameter evaluasi meliputi derajat kejenuhan (DJ), panjang antrian, tundaan, jumlah kendaraan berhenti, dan tingkat pelayanan (Level of Service/LOS). Hasil simulasi menunjukkan bahwa alternatif keempat memberikan hasil terbaik dengan peningkatan signifikan terhadap kinerja simpang dibandingkan kondisi eksisting. LOS yang semula berada pada tingkat D dan C meningkat menjadi B dan A, panjang antrian dan tundaan pun menurun secara signifikan. Dengan adanya optimasi ini, kinerja lalu lintas di Simpang Kasda mengalami perbaikan yang nyata, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan oleh pihak terkait dalam perencanaan transportasi kota. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan simulasi mikroskopis seperti PTV VISSIM sangat efektif dalam mengevaluasi dan merancang solusi lalu lintas secara detail dan realistis.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: YOSRITZAL, S.T., M.T., Ph.D.; Ir. PURNAWAN, M.T., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Simpang bersinyal; PTV VISSIM; optimasi lalu lintas; derajat kejenuhan; tundaan; panjang antrian; tingkat pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:12
Last Modified: 18 Jun 2025 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498049

Actions (login required)

View Item View Item