HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI ORANG TUA ANAK PENDERITA LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019

Siti, Sarah Nurfalah (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI ORANG TUA ANAK PENDERITA LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak skripsi siti sarah nurfalah)
cover dan abstrak skripsi siti sarah nurfalah.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan skripsi siti sarah nurfalah)
BAB 1 pendahuluan skripsi siti sarah nurfalah.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 penutup skripsi siti sarah nurfalah)
BAB 7 penutup skripsi siti sarah nurfalah.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka skripsi siti sarah nurfalah)
Daftar pustaka skripsi siti sarah nurfalah.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext siti sarah nurfalah)
Skripsi fulltext siti sarah nurfalah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Leukemia limfoblastik akut (LLA) menduduki peringkat tertinggi kanker pada anak dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua saat anak terdiagnosis kanker menimbulkan perasaan beragam mulai dari shock, tidak percaya, menolak dan marah. Permasalahan yang dirasakan oleh orang tua tersebut dapat menurunkan fungsi keluarga serta kualitas hidup keluarga yang nantinya akan berpotensi menjadi faktor risiko penurunan resiliensi bagi orang tua. Penurunan resiliensi merupakan salah satu masalah yang sering dialami orang tua dan dapat dipengaruhi oleh dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arah, kekuatan dan hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi orang tua anak penderita leukemia limfoblastik akut di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2019. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Sampel penelitian ini terdiri 46 orang tua anak leukemia limfoblastik akut. Pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan April hingga Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan kuesioner Perceived Sosial Support from Family (PSS-Fa), Perceived Social Support from Friends (PSS-Fr) dan Connor Davidson Resilience Scale 10 (CD-RISC 10). Hasil penelitian ini didapatkan skor rata-rata dukungan sosial keluarga, teman dan resiliensi adalah 13,50, 12,67 dan 29,15. Selanjutnya uji spearman menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dengan resiliensi orang tua anak dengan LLA (p=0,025) dan arah positif dan kekuatan hubungan lemah (r=0,330). Diharapkan perawat untuk dapat melibatkan keluarga dalam proses pengobatan anak dan membentuk kelompok orang tua dengan anak yang menderita leukemia limfoblastik akut agar lebih banyak dukungan sosial yang didapatkan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dwi Novrianda, M.Kep
Uncontrolled Keywords: LLA, Dukungan Sosial, Resiliensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Oct 2019 11:27
Last Modified: 09 Oct 2019 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49794

Actions (login required)

View Item View Item