PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET, LEMBAR BALIK DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MP-ASI PADA IBU ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KABUPATEN KAMPAR, RIAU TAHUN 2019

Putri, Eka Sudiarti (2019) PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET, LEMBAR BALIK DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MP-ASI PADA IBU ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KABUPATEN KAMPAR, RIAU TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1, PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB 7, KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL PUTRI EKA SUDIARTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Edukasi gizi merupakan suatu upaya penurunan masalah gizi anak.Penggunaan media edukasi dapat menunjang kejelasan materi dalam edukasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizimenggunakan media leaflet, lembar balik dan video terhadap pengetahuan dan praktik MP-ASI ibu anak usia 6-24 bulan di wilayah Kabupaten Kampar, Riau. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan April 2018 hingga Mei 2019. Desain penelitian berupaQuasy Experimental Pre-Post Test Wih Control Group. Sampel berjumlah 75 orang dengan teknik Multi satge Sampling. 37 responden kelompok intervensi dan 38 responden lain kelompok kontrol. Penelitian menggunakan kuisioneryang dimodifikasi dari KAP Survey.Uji statistik yang digunakan uji dan t-independen. Hasil uji t-dependent menunjukkan terdapat pengaruh intervensi edukasi gizi menggunakan media leaflet, lembar balik dan video terhadap pengetahuan (p=0.001)dan praktik(p=0.001)MP-ASI ibu anak usia 6-24 bulan. Hasil uji t-independenjuga menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara kedua kelompok dengan p value pengetahuan 0.001 dan p value tindakan 0,001. Hasil obeservasi menunjukkan adanya peningkatan pemberian bahan makanan, tekstur makanan dan porsi makanan dalam pemberian MP-ASI oleh ibu. bulanDiharapkan petugas kesehatan di Puskemasdapat mempertimbangkan media ini sebagai alatedukasi gizi MP-ASI pada ibu dengan anak 6-24 bulan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan praktik pemberian MP-ASI ibu.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Ibu, Media Edukasi, MP-ASI, Pengetahuan, Praktik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 08 Oct 2019 15:29
Last Modified: 08 Oct 2019 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49785

Actions (login required)

View Item View Item