Nurcahyani P, Ayu Intan (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Customer Behavioral Intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version Download (725kB) |
![]() |
Text (bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (839kB) |
![]() |
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (skripsi fulltext)
soft skripsi ayu intan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Penduduk Indonesia yang mengeluhkan masalah gigi dan mulut sebanyak 56,9 %, sementara hanya 11,2% penduduk yang berobat ke tenaga kesehatan untuk memperoleh perawatan. Jumlah kunjungan pasien yang rendah sangat mempengaruhi kunjungan ulang pasien ke fasilitas kesehatan yang dipengaruhi oleh penilaian kualitas pelayanan. Kekecewaan dan persepsi buruk mengenai fasilitas kesehatan terhadap ketidakmampuan memberikan pelayanan yang berkualitas menyebabkan rendahnya jumlah kunjungan pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini sebayak 74 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi penelitian. Analisis statistik penelitian dengan menggunakan uji Chi-Square untuk dapat mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap customer behavioral intention. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keandalan (p=0,006), daya tanggap (p=0,013), jaminan (p=0,023) dan empati (p=0,006) namun bukti fisik (p=0,693) tidak ada hubungan yang signifikan terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan keempat dimensi kualitas pelayanan namun kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik tidak ada hubungan terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr.drg. Febrian, MKM; drg. Desy Purnama Sari, MDSc |
Uncontrolled Keywords: | Behavioral intention; Kualitas pelayanan; Pelayanan kesehatan gigi dan mulut |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 10:02 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 10:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |