Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels) terhadap Pertumbuhan Bakteri Streptococcus mutans secara In Vitro

Sofie, Bosoma Syamra (2019) Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels) terhadap Pertumbuhan Bakteri Streptococcus mutans secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bakteri Streptococcus mutans merupakan mikroorganisme pada plak gigi yang berperan penting dalam etiologi karies gigi. Pencegahan karies dapat dilakukan dengan cara mengendalikan plak salah satunya melalui pemanfaatan senyawa antibakteri yang terkandung di dalam daun ceremai. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui daya hambat ekstrak daun ceremai terhadap pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans secara in vitro. Jenis penelitian ini adalah true experimental berupa posttest only control group design. Ekstrak daun ceremai dibuat dengan teknik maserasi dengan hasil ekstrak daun ceremai konsentrasi 100% dan diencerkan dengan aquadest agar didapatkan konsentrasi 80%, 60%, 40%, dan 20%. Uji daya hambat dilakukan dengan metode difusi cakram Kirby-Bauer pada media agar Mueller Hinton. Analisis data yang digunakan adalah uji Kruskal-Wallis dan uji Post Hoc Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun ceremai konsentrasi 80% dan 100% memiliki daya hambat dan konsentrasi 20%, 40%, 60% tidak memiliki daya hambat. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan nilai p<0,05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok konsentrasi 80% dan 100% dan kelompok kontrol dalam menghambat pertumbuhan bakteri Stretococcus mutans. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak daun ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels) dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans secara in vitro pada konsentrasi 80% dan 100% dengan tingkat kriteria kekuatan daya hambat yang lemah. Kata Kunci : daya hambat, ekstrak daun ceremai, Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Surya Nelis, Sp.PM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 16 Oct 2019 15:47
Last Modified: 16 Oct 2019 15:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49684

Actions (login required)

View Item View Item