Olivia Berliana, Apriliani (2025) Praktik Dramaturgi AIESECer di Universitas Andalas sebagai Impression Management pada Join AIESEC 2023. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover and Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version Download (543kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (457kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
AIESEC merupakan organisasi internasional yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan anak muda di seluruh dunia. AIESEC menjalankan berbagai kegiatan kepemimpinan melalui aktivitas dan pengalaman yang dirancang secara spesifik berguna untuk pengembangan individu secara personal maupun profesional. Sebagai organisasi internasional yang menjalankan berbagai program kerja ditingkat lokal maupun internasional, organisasi ini memiliki kompleksitas yang berdampak terhadap branding dan sistematika organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis untuk mengulik lebih dalam praktik dramaturgi yang dilakukan oleh AIESEC in UNAND. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan etnografi, untuk analisis di lapangan tentang makna dari suatu tindakan semua pihak yang berkaitan dengan organisasi ini. Kompleksitas yang terstruktur dan penuh strategi menyebabkan salah satu program AIESEC yaitu Join AIESEC atau program perekrutan member baru AIESEC di tahun 2023, berhasil meraih angka pendaftar sebanyak 1.123 pendaftar. Angka ini menjadi jumlah pendaftar paling tinggi sejak tahun 2020 dan berdasarkan observasi, merupakan angka pendaftar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas yang paling tinggi dibandingkan dengan UKM lain yang berada di Universitas Andalas. Organisasi ini mengakui bahwa kompleksitas yang mereka jalani sejatinya merupakan praktik dramaturgi yang diperankan guna membangun citra positif di hadapan publik, melalui implementasi komunikasi interpersonal yang distrategikan ke dalam beberapa upaya impression management sebagai hasil dari peran AIESEC di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage). Observasi dan wawancara mendalam menunjukkan bahwa terdapat guideline yang wajib dieksekusi oleh AIESEC sebagai upaya untuk membangun kesan yang baik di hadapan audiens. Pengalaman empiris, observasi dan analisis yang dilakukan penulis, memperlihatkan bahwa sebagai organisasi internasional yang kompleks, peran di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage) sangat berpengaruh besar sebagai strategi impression management dalam program Join AIESEC 2023.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Vitania Yulia, M.A; Rinaldi, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | AIESEC; Dramaturgi; Komunikasi Interpersonal; Impression Management |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:48 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/495209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |