PROSES DIFUSI DAN ADOPSI INOVASI PROGRAM PEMERINTAH (Studi Komunikasi Pembangunan pada Kelompok Wanita Tani Anugrah di Nagari Sungai Buluh Selatan Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman)

Rany, Safitri (2019) PROSES DIFUSI DAN ADOPSI INOVASI PROGRAM PEMERINTAH (Studi Komunikasi Pembangunan pada Kelompok Wanita Tani Anugrah di Nagari Sungai Buluh Selatan Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI, PENUTUP)
BAB VI. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inovasi program pemerintah sangat diperlukan dalam pembangunan masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi dan mensejahterakan kehidupan. Untuk itu diperlukan komunikasi pembangunan yang baik sebagai sarana dalam proses difusi dan adopsi program pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses difusi inovasi program pemerintah dan menganalisis proses adopsi inovasi program pemerintah dengan studi komunikasi pembangunan pada kelompok wanita tani Anugrah di Nagari Sungai Buluh Selatan Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian, menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses difusi inovasi di kelompok wanita tani Anugrah terjadi dengan ide-ide baru berupa program pemerintah yang dikomunikasikan melalui diseminasi informasi, saluran komunikasi (surat menyurat, tatap muka, pertemuan kelompok dan media massa), jangka waktu implementasi program pemerintah sekitar 2 minggu sampai 1 bulan bahkan lebih tergantung pada kebutuhan, serta berdampak positif pada sistem sosial dan lingkungan di sekitar kelompok. Proses adopsi inovasi program pemerintah menunjukkan bahwa di kelompok wanita tani Anugrah, pada tahap pengetahuan mulai menyadari adanya program pemerintah. Lalu, terjadi perubahan sikap dan keterampilan yang dimiliki anggota kelompok wanita tani Anugrah pada tahap persuasi. Pada tahap berikutnya yaitu tahap keputusan, ada anggota yang mengadopsi program pemerintah dan ada yang tidak. Selanjutnya pada tahap implementasi anggota kelompok melaksanakan program yang telah diadopsi, sedangkan pada tahap konfirmasi anggota kelompok mengkonfirmasi melaksanakan program pemerintah sampai saat ini dan untuk yang tidak mengadopsi tidak ada perubahan keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembangunan, Program Pemerintah, Proses Difusi, Adopsi Inovasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Aug 2019 15:09
Last Modified: 28 Aug 2019 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49455

Actions (login required)

View Item View Item