PERBEDAAN LAJU PEMULIHAN JANTUNG PADA PASIEN ANGINA PEKTORIS STABIL DENGAN DAN TANPA HIPERTENSI YANG MENJALANI UJI LATIH JANTUNG DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Nadia, Fathika Alyssa Rachman (2019) PERBEDAAN LAJU PEMULIHAN JANTUNG PADA PASIEN ANGINA PEKTORIS STABIL DENGAN DAN TANPA HIPERTENSI YANG MENJALANI UJI LATIH JANTUNG DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FUlltext)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laju pemulihan jantung menggambarkan fungsi dari sistem saraf otonom yang mengatur sirkulasi darah termasuk tekanan darah, dimana sebagian besar pasien hipertensi mengalami disfungsi pada sistem saraf otonomnya dimana terjadi peningkatan aktivitas saraf simpatis dan penurunan aktivitas saraf parasimpatis. Keterlambatan laju pemulihan jantung setelah uji latih jantung berhubungan dengan disfungsi dari saraf otonom yang berhubungan dengan prediktor terhadap mortalitas akibat kejadian kardiovaskular dan kematian berbagai sebab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan laju pemulihan jantung antara pasien angina pektoris stabil dengan dan tanpa hipertensi yang menjalani uji latih jantung di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan studi analitik komparatif. Sampel penelitian ini adalah pasien angina pektoris stabil (APS) di bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular RSUP Dr. M. Djamil Padang yang dilakukan uji latih jantung dengan jumlah sampel sebesar 84 yang dibagi dua kelompok, yaitu pasien dengan hipertensi sebanyak 42 orang dan pasien dengan tensi yang normal sebanyak 42 orang. Instrumen penelitian ini rekam medis dan hasil uji latih jantung pasien APS di RSUP Dr. M.Djamil Padang kemudian data di analisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pasien APS adalah perempuan (51,2%). Rata-rata usia pasien adalah 46,9 tahun. Faktor risiko pasien didapatkan merokok (29,8%), dislipidemia (26,2%), obesitas (21,4%), riwayat hipertensi pada keluarga (6%), dan DM (8,3%). Hasil analisis univariat menunjukkan median laju pemulihan jantung pada pasien kelompok normotensi adalah 14x/menit dan pada kelompok hipertensi adalah 16x/menit. Analisis bivariat menunjukkan nilai p=0,024 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada laju pemulihan jantung pada pasien APS dengan dan tanpa hipertensi yang menjalani uji latih jantung di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rita Hamdani, Sp.JP
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Aug 2019 11:59
Last Modified: 07 Aug 2019 11:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49373

Actions (login required)

View Item View Item