CITY BRANDING KOTA TUA PADANG OLEH KOMUNITAS PADANG HERITAGE DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATA SEJARAH DAN BUDAYA

Rizaldi, Ahmad (2025) CITY BRANDING KOTA TUA PADANG OLEH KOMUNITAS PADANG HERITAGE DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATA SEJARAH DAN BUDAYA. S1 thesis, Fisip.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-AHMAD RIZALDI.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN-AHMAD RIZALDI.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN-AHMAD RIZALDI.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-AHMAD RIZALDI.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Text Skripsi Ahmad Rizaldi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kota Tua Padang memiliki potensi sebagai destinasi wisata sejarah, namun masih menghadapi tantangan dalam membangun citra yang kuat. Komunitas Padang Heritage berperan dalam city branding kawasan ini melalui komunikasi persuasif dalam kegiatan wisata sejarah dan edukasi budaya di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses city branding yang diterapkan oleh Komunitas Padang Heritage serta teknik komunikasi persuasif yang digunakan dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tua Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Padang Heritage ini memiliki peran dalam proses city branding Kota Tua Padang sebagai objek wisata sejarah dan budaya di Kota Padang, komunitas ini memilih cara penyampaian pesan persuasif melalui storytelling interaktif dan keterlibatan langsung wisatawan untuk menciptakan pengalaman sejarah yang lebih imersif. Komunitas ini juga menyampaikan pesan persuasif melalui media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Penelitian ini menegaskan bahwa peran komunitas dalam city branding tidak hanya sebatas promosi, tetapi juga membangun kesadaran akan pelestarian sejarah dan budaya. Dengan strategi komunikasi persuasif yang tepat, Komunitas Padang Heritage berhasil memperkuat citra Kota Tua Padang sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya di Kota Padang. Kata Kunci: city branding, komunikasi persuasif, Kota Tua Padang, Komunitas Padang Heritage.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:42
Last Modified: 15 Apr 2025 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492869

Actions (login required)

View Item View Item