ANALISIS PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Annisa, Annisa (2019) ANALISIS PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran, lembaga dan fungsi pemasaran beras merah organik dan menganalisis margin pemasaran, bagian yang diterima petani dan efisiensi pemasaran beras merah organik di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis data deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran yaitu Saluran 1 petani – konsumen dan pola saluran 2 petani – pedagang pengumpul / pengecer – konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani dan pedagang pengumpul/pengecer beras merah organik terdiri dari fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Margin pemasaran pada saluran 2 adalah Rp 10.619,04/kg dengan bagian yang diterima oleh petani pada saluran 2 yaitu 46,90% dari harga akhir yang dibayarkan konsumen. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran 1 sebesar 27,02% dan nilai efisiensi pada saluran 2 sebesar 27,64%, dilihat dari nilai efisiensinya saluran 1 adalah saluran yang efisien dari saluran 2. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pedagang agar memperluas pemasaran beras merah organik, adanya lembaga atau organisasi seperti koperasi dalam mengelola pemasaran beras merah organik dan pemerintahan setempat ikut serta dalam mempromosikan dan memasarkan beras merah organik. Kata Kunci : Pemasaran, Beras Merah Organik, Margin dan Efisiensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusri Usman, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 31 Jul 2019 09:52
Last Modified: 31 Jul 2019 09:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49199

Actions (login required)

View Item View Item