Nadya, Agusriwinda (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Komersial Oleh Nasabah pada PT.Bank Nagari Cabang Solok. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (306kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (286kB) |
![]() |
Text (Sampul dan Abstrak)
Sampul dan Abstrak.pdf - Published Version Download (363kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (291kB) |
Abstract
PT. Bank Nagari Cabang Solok memberikan pinjaman permodalan bagi UMKM dengan nama Kredit Komersial, namun pada tahun 2023 mengalami Non Perform-ing Loan (NPL) sebesar 3,02% yang menandakan terjadinya kemacetan pengem-balian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik debitur dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian Kredit Komersial PT. Bank Nagari di Cabang Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling dengan metode Disproportionate. Sampel terbagi atas tiga sub bagian yaitu sampel dengan pengembalian kredit lancar sebanyak 30 orang, pengembalian kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) sebanyak 30 orang, dan pengembalian menunggak 30 orang. Metode regresi logistik multinomial digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembalian Kredit Komersial, dengan Kredit lancar sebagai kategori referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap pengembalian kredit secara DPK yaitu usia, jumlah tanggungan keluarga, lama usaha, jangka waktu pengembalian kredit, frekuensi kredit, jaminan kredit, dan alokasi penggunaan kredit. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap pengembalian kredit menunggak faktor jenis kelamin, usia nasabah, jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, penggunaan aplikasi Ollin by Nagari dalam pembayaran kredit, jangka waktu pengembalian kredit, frekuensi kredit, dan jaminan kredit. Pihak bank diharapkan dapat memperketat evaluasi terhadap calon debitur dengan benar-benar menerapkan prinsip 5C serta memberikan pelatihan atau pendampingan bagi debitur mengenai pengelolaan keuangan, investasi, serta pemanfaatan kredit agar dapat digunakan secara produktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Mahdi, S.P., M.Si. Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kredit Komersial, Pengembalian, Karakteristik |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:34 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |