PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION ANTARA MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEBIDANAN YANG MENGIKUTI FAMILY ORIENTED MEDICAL EDUCATION LAPANGAN

Adyah, Rahtu Arini (2025) PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION ANTARA MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEBIDANAN YANG MENGIKUTI FAMILY ORIENTED MEDICAL EDUCATION LAPANGAN. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kolaborasi interprofesi merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien. Kolaborasi interprofesi dapat diperkenalkan sejak masa pendidikan melalui praktik Interprofessional Education (IPE) dalam bentuk pembelajaran lapangan. Akan tetapi, perbedaan persepsi terhadap IPE di antara mahasiswa dapat menjadi hambatan yang menyebabkan praktik IPE tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan persepsi terhadap Interprofessional Education antara mahasiswa Kedokteran dan Kebidanan yang mengikuti Family Oriented Medical Education Lapangan. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain cross-sectional study menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 183 mahasiswa. Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale dan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan persepsi terhadap Interprofessional Education antara mahasiswa Kedokteran dan Kebidanan yang mengikuti Family Oriented Medical Education Lapangan secara umum (p=0,001) dan berdasarkan komponen persepsi kompetensi dan otonomi (p=0,001), bukti bekerja sama (p<0,001), dan pemahaman terhadap profesi lain (p=0,001). Dengan median skor persepsi mahasiswa Kedokteran dan Kebidanan tergolong dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan persepsi terhadap Interprofessional Education antara mahasiswa Kedokteran dan Kebidanan yang mengikuti Family Oriented Medical Education Lapangan secara umum dan berdasarkan komponen persepsi kompetensi dan otonomi, bukti bekerja sama, dan pemahaman terhadap profesi lain sehingga perlu adanya evaluasi dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: dr. Ida Rahmah Burhan, MARS, FISPH, FISCM
Uncontrolled Keywords: persepsi, interprofessional education, family oriented medical education lapangan, keselamatan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:30
Last Modified: 21 Mar 2025 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/490806

Actions (login required)

View Item View Item