Hubungan Pola Komunikasi Keluarga dengan Gangguan Mental Emosional Remaja di SMK N 2 Kota Padang

Suci, Tria Hidayati (2025) Hubungan Pola Komunikasi Keluarga dengan Gangguan Mental Emosional Remaja di SMK N 2 Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-2.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi FullText_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gangguan mental emosional remaja menjadi masalah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ada banyak faktor yang mempengaruhi gangguan mental emosional remaja, salah satunya pola komunikasi keluarga. Pola komunikasi dalam keluarga berperan dalam perkembangan emosional remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola komunikasi keluarga dengan gangguan mental emosional remaja di SMK N 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/siswi SMK N 2 Kota Padang kelas X dan XI sebanyak 291 siswa, menggunakan metode proportionate stratified randam sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini kuesioner pola komunikasi keluarga dan kuesioner self reporting questionnaire (SRQ-20). Berdasarkan analisis univariat, ditemukan adanya pola komunikasi keluarga disfungsional sebanyak 150 (51,5%) dan indikasi gangguan mental emosional sebanyak 193 (66,3%). Analisis statistik chi-square menunjukkan adanya hubungan antara pola komunikasi keluarga dengan gangguan mental emosional remaja (p-value = 0,001) Oleh karena itu, sekolah perlu mengadakan program pertemuan rutin antara orang tua dan anak yang difasilitasi dari pihak sekolah guna meningkatkan kualitas komunikasi keluarga yang terbuka, suportif, dan mendukung dua arah. Program ini diharapkan dapat membantu mencegah gangguan mental emosional pada remaja dengan membangun hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Mohd. Jamil, S.Kp., M.Biomed; Ns. Siti Yuliharni, M.Kep., Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Gangguan mental emosional; Pola komunikasi keluarga; Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:44
Last Modified: 25 Mar 2025 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/490739

Actions (login required)

View Item View Item