PERANCANGAN ULANG PROSES BISNIS DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (LPTIK) UNIVERSITAS ANDALAS

Muhammad, Rizki Ashari (2019) PERANCANGAN ULANG PROSES BISNIS DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (LPTIK) UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
08. BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
13. BAB VI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Universitas Andalas merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan telah menerapkan manajemen berbasis sistem informasi dalam proses operasional organisasi. Lembaga yang bertanggung jawab terkait perencanaan, pengembangan, dan perawatan sistem informasi di Universitas Andalas adalah Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK). Berdasarkan wawancara dengan pihak LPTIK masih banyak kekurangan dari proses bisnis yang telah berjalan di LPTIK, seperti permasalahan pada Divisi Jaringan, Divisi Pendataan, Divisi Multimedia. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis dan perancangan ulang proses bisnis untuk meminimalisir peluang terjadinya kerugian sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Pada penelitian ini terdapat 13 Standard Operation Procedure (SOP) yang diteliti dikarenakan aktivitas-aktivitas dari masing-masing SOP belum dialokasikan dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan proses bisnis dengan menggunakan metode Business Process Reengineering (BPR) dengan urutan tahap yang dilakukan yaitu; Develop Business Vision and Process Objectives, Identify Processes to Be Redesigned, Understand and Measure Existing Processes, Identify IT Levers, Design and Build a Prototype of the Process. Pada tahap design and build a prototype of process digunakan Eliminate, Simplify, Integrate, Automate (ESIA) sebagai teknik dalam melakukan perancangan. Penelitian tugas akhir ini telah menghasilkan sebuah prototipe rancangan proses bisnis Divisi Pendataan, Multimedia dan Jaringan. Dari hasil rancangan terjadi pengurangan SOP dimana dari 13 SOP menjadi 11 SOP, dikarenakan adanya kesamaan SOP untuk 3 kegiatan yaitu permintaan hosting web, hosting conference, dan hosting jurnal. Berdasarkan nilai efisiensi throughput dari proses bisnis awal, Terdapat 9 SOP yang mengalami peningkatan, 1 SOP mengalami penurunan, dan 1 SOP yang memiliki nilai konstan dari sebelum rancangan. Kata Kunci: Business Process Reengineering, Proses Bisnis, Redesign, Standard Operation Procedure.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 30 Jul 2019 11:41
Last Modified: 30 Jul 2019 11:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49026

Actions (login required)

View Item View Item