Rahman, Fathur (2025) Analisis Pengaruh Modifikasi Controlled Canard terhadap Manuver dan Kestabilan pada Pesawat Gonjong Tujuah AFRG 018. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (492kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (387kB) |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Unmanned Aerial Vehicles atau pesawat tanpa awak memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang seperti sipil, pertahanan, dan pendidikan. Salah satu penerapannya di bidang pendidikan adalah melalui ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), dimana mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi. Penelitian ini berfokus pada UAV tim Gonjong Tujuah AFRG 018, UAV AFRG 018 merupakan pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Andalas yang bejenis FT Goblin, memiliki sepasang sayap yang tidak memiliki sudut sweep dan tail yang berkonfigurasi v-tail, pesawat ini menghadapi permasalahan dalam bermanuver membutuhkan radius putar yang besar pada ajang KRTI 2021, yang berakibat pada kekalahan tim tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan inovasi berupa modifikasi pada subsistem airframe dengan menambahkan sayap canard yang dapat dikontrol, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manuver UAV tersebut. Penelitian ini menggunakan dua metode pengujian untuk mengevaluasi efektivitas modifikasi tersebut. Metode pertama adalah simulasi karakteristik aerodinamika menggunakan aplikasi ansys fluent. Dalam simulasi ini, dilakukan variasi sudut canard -15º, -10º, -5º, 0º, 5º, 10º, 15º dan variasi kecepatan 10 m/s, 20 m/s, 30 m/s untuk mengamati perubahan koefisien lift pada sumbu y dan koefisien drag pada sumbu x sebagai respon terhadap modifikasi canard, selanjutnya nilai lift yang didapatkan dihubungkan dengan perhitungan radius belok pesawat. Metode kedua adalah pengujian terbang langsung untuk melihat dampak penggunaan controlled canard pada kemampuan manuver UAV Gonjong Tujuah AFRG 018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi controlled canard dapat meningkatkan kemampuan manuver dari pesawat berdasarkan gaya lift dan gaya drag yang dipengaruhi oleh sudut serang canard, variasi sudut 10º merupakan variasi terbaik dari nilai cl/cd. Berdasarkan simulasi dan eksperimental menunjukkan peningkatan pada kemampuan manuver uav.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Gusriwandi, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | UAV; controlled canard; simulasi aerodinamika; ansys fluent; radius belok |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 10:29 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 10:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486974 |
Actions (login required)
View Item |